Kembali Pesantren jadi Klaster Penularan COVID, Kali ini Terjadi di Bangka

Kembali Pesantren jadi Klaster Penularan COVID, Kali ini Terjadi di Bangka Kredit Foto: Antara/Candra Yanuarsyah

Fenomena penularan kasus positif COVID di klaster pesantren kembali terjadi. Setelah sebelumnya, di Tasikmalaya yang menularkan 375 santri, kemudian muncul 44 santri yang positif. Kali ini, Satgas COVID-19 Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat ada 201 santri dari salah satu pondok pesantren yang dikonfirmasi positif COVID-19.

Juru bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Bangka Boy Yandra di Sungailiat, Rabu mengatakan, 201 santri yang dinyatakan positif tersebut berdasarkan hasil uji laboratorium kesehatan daerah (labkesda) setempat.

"Saat dilakukan isolasi, tim medis dari Rumah Sakit Medika Stania Sungailiat akan memisahkan santri positif COVID-19 yang bergejala dengan pasien tidak bergejala," katanya.

Ia menjelaskan bahwa jika dalam proses isolasi diketahui ada santri yang mengalami gejala berat, akan mendapat perawatan khusus dari tim medis setempat.

Dengan bertambahnya 201 pasien COVID-19 dari klaster pesantren, total akumulasi pasien COVID-19 di Kabupaten Bangka mencapai 1.987 orang, di mana 1.709 orang sudah dinyatakan sembuh, 21 pasien meninggal dunia serta 257 orang masih menjalani isolasi untuk mendapatkan perawatan kesehatan.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini