Ahok Masuk Top of Mind Capres 2024, Kalahkan Risma hingga AHY

Ahok Masuk Top of Mind Capres 2024, Kalahkan Risma hingga AHY Kredit Foto: Instagram/Basuki Tjahaja Purnama

Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) masuk dalam bursa calon presiden (capres) 2024 berdasarkan hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI). Komisaris Utama Pertamina itu berada diurutan enam besar top of mind capres 2024.

Joko Widodo (Jokowi) berada diurutan pertama dengan angka 18% top of mind capres 2024 jika Pilpres dilakukan sekarang, disusul Prabowo Subianto 12%, Anies Baswedan 5,7%, Ganjar Pranowo 3,5%, dan Sandiaga Uno 2,6%.

Ahok berada di urutan selanjutnya di angka 2,5% disusul Tri Rismaharini 2,3%, dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 1,4%.

Baca Juga: Warganet Ramai-ramai Gebuk Anies: Piagam & Piala Seabrek Gagal Tangani Banjir!

"Nah, yang muncul masih-masih nama-nama populer yang sudah selama ini sering kita dengar," ujar Direktur LSI Djayadi Hanan, Rabu (24/2/2021).

Ahok diketahui pernah divonis dua tahun penjara karena kasus penodaan agama. Lantas bagaimana peluang pencalonan Ahok di Pilpres 2021?

Pakar hukum pidana Universitas Indonesia (UI) Chudry Sitompul menilai, Ahok masih bisa mencalonkan diri sebagai capres di Pilpres 2024.

"Dia (Ahok) dipenjara dibawah 5 tahun. Masih bisa capres," kata Chudry saat dihubungi Okezone.

Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu menjelaskan syarat capres dan cawapres salah satunya tidak pernah dipenjara dengan ancaman hukumnya 5 tahun atau lebih.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Okezone Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Okezone. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Okezone.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini