Pertamina EP Tingkatkan Produksi Minyak Sumur ABG-008 menjadi 1.580 Barel per Hari

Pertamina EP Tingkatkan Produksi Minyak Sumur ABG-008 menjadi 1.580 Barel per Hari Kredit Foto: Pertamina EP

Anak usaha hulu PT Pertamina (Persero), Pertamina EP yang juga selaku Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) SKK Migas sukses tingkatkan produksi sumur Akasia Bagus (ABG)-008 dari 578 barel minyak per hari (BOPD) menjadi 1.580 BOPD. 

Sumur yang dieksekusi oleh Pertamina EP Asset 3 dan Jatibarang Field melalui program well intervention di awal tahun 2021 ini berlokasi di Desa Sumbon Kecamatan Kroya Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Sumur tersebut mulai diproduksikan pada Agustus 2020 dengan produksi rata-rata 578 BOPD.

Baca Juga: Banjir Jakarta, Pertamina Ikut Andil Sumbang Bright Gas Di Dapur Umum

Asset 3 General Manager, Wisnu Hindadari mengatakan, ABG-008 merupakan salah satu dari tiga sumur Step Out di wilayah kerja Asset 3 di Jawa Barat yang berhasil dibor oleh Pertamina EP pada tahun 2020 lalu.

Sumur Step Out adalah sumur yang dibor di luar struktur yang sudah ada di suatu wilayah kerja pertambangan minyak dan gas bumi.

"Target produksi awal dari ABG-008 adalah minyak sebesar 460 BOPD namun uji produksi membuktikan bahwa ABG-008 mampu berproduksi hingga  578 BOPD," kata Wisnu dalam keterangan tertulis, Minggu (21/2/2021).

Wisnu menuturkan, uji produksi ini juga menunjukkan bahwa ABG-008 memiliki potensi lebih besar lagi sehingga tim Pertamina EP Asset 3 pun mengusulkan program well intervention berupa stimulasi yang mulai dieksekusi pada 6 Januari 2021.

Sebagai sumur step out, keberhasilan ABG-008 ini tak hanya mendongkrak produksi Asset-3, tapi juga menambah cadangan.

"Alhamdulilah, dengan ditemukan minyak melalui pemboran step out ini, cadangan lapangan Akasia Bagus bertambah 5 MMSTB, sehingga untuk mengoptimalkan pengurasannya diperlukan tambahan sumur lagi setidaknya 7 sumur di sekitar daerah sumur ABG-008," kata Wisnu.

Saat ini, Pertamina EP Asset 3 yang terdiri dari Jatibarang Field, Subang Field dan Tambun Field memproduksikan minyak sebesar rata-rata 12,620 BOPD dan gas sebesar rata-rata 264.6 MMSCFD.

Wisnu memastikan, Pertamina EP Asset 3 terus berkomitmen untuk berperan aktif dalam upaya pemenuhan kebutuhan Energi Nasional. Pada tahun 2021 ini Pertamina EP akan melaksanakan 28 pengeboran pengembangan, 143 well intervention dan 12 kerja ulang di wilayah kerja Asset 3.

"Tidak hanya fokus pada kegiatan eksplorasi dan produksi migas, menyikapi bencana yang menimpa beberapa wilayah di Indonesia pada awal tahun 2021 Pertamina EP Asset 3 juga telah menyalurkan berbagai bantuan bagi korban bencana tanah longsor maupun banjir di Jawa Barat," katanya.

Adapun, bantuan disalurkan bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Muspika, Pemerintah Desa, Badan Amil Zakat Pertamina EP Asset 3 (BAZMA), serta tentunya masyarakat di Kabupaten Indramayu, Subang, Bekasi, Sumedang dan Bogor.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini