Hasil Positif Vaksinasi Massal, Israel Mau Longgarkan Lockdown untuk Rakyatnya

Hasil Positif Vaksinasi Massal, Israel Mau Longgarkan Lockdown untuk Rakyatnya Kredit Foto: Antara/REUTERS/Carlo Allegri

Israel mulai melonggarkan peraturan pembatasan sosial pandemi virus corona usai menggelar program vaksinasi tercepat di dunia. Toko-toko, perpustakaan, museum dapat dibuka lagi tapi peraturan jaga jarak masih diterblakukan.

Sejumlah fasilitas seperti gym, hotel, dan sinagog sudah diizinkan untuk dibuka kembali. Tetapi akses ke tempat-tempat itu hanya diberikan pada mereka yang memiliki 'paspor hijau' atau bukti telah divaksin.

Baca Juga: Banyak Keistimewaan yang Didapat Rakyat Israel Usai Divaksin, Seperti Normal Lagi!

Paspor yang terdapat di dalam sebuah aplikasi valid untuk selama enam bulan. Periode itu dihitung satu pekan setelah dosis kedua diberikan.

Deutsche Welle melaporkan Sabtu (20/2/2021) kemarin pemerintah Israel mengatakan vaksin virus corona yang dikembangkan Jerman 95,8 persen efektif mencegah masyarakat masuk rumah sakit dan kasus kematian terkait virus corona.

Kementerian Kesehatan Israel mengatakan risiko orang yang disuntik vaksin BioNTech-Pfizer terinfeksi virus corona turun 95,8 persen.

Pemerintah Israel juga mengatakan vaksin tersebut 98 persen efektif mencegah demam atau masalah pernapasan. Saat Israel menjadi negara dengan program vaksinasi tercepat di dunia. Negara itu juga agresif dalam mengajak masyarakat terlibat dalam program vaksinasi.

Bar-bar di Tel Aviv menawarkan minuman gratis pada pelanggan yang bersedia divaksin virus corona. Kebijakan ini diterapkan untuk menarik anak muda dalam program vaksinasi.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini