Terlalu Banget Anies Tuding Bogor Dalang Banjir Ibu Kota, Bima Arya Sewot, Mau Cari Alasan Apa Lagi?

Terlalu Banget Anies Tuding Bogor Dalang Banjir Ibu Kota, Bima Arya Sewot, Mau Cari Alasan Apa Lagi? Kredit Foto: PWI Pusat

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto tampak tidak terima dengan tudingan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menyatakan bahwa Bogor menjadi penyebab banjir di Ibu Kota Jakarta.

Karena itu, ia pun membeberkan data yang sebenarnya. Menurutnya, tudingan Anies tersebut sama sekali tak mendasar dan jauh dari data dan fakta yang ada. Baca Juga: Bu Risma Komentari Banjir Jakarta, Pak Anies Tersindir?

Pasalnya, berdasarkan data tiga hari terakhir, tinggi permukaan air (TMA) di Bendungan katulampa paling tinggi tercatat hanya 90 sentimeter.

Dengan demikian, status Bendungan Katulampa berada di level Siaga III. “Selama tiga hari kebelakang, di Bendungan Katulampa itu paling tinggi siaga III,” ungkapnya, seperti dilansir dari Pojoksatu, Senin (22/2/2021). Baca Juga: Warga Wilayah Anies Waspada, Jakarta Bakal Diguyur Hujan Lebat Disertai Petir hingga Malam Hari

Lanjutnya, ia menerangkan biasanya akan ada banjir di Jakarta jika Bendungan Katulampa Siaga I.

“Ketika Siaga III sudah banjir, berarti kan volume air di Jakarta yang tinggi,” tegasnya.

Sambungnya, bicara hulu, bukan hanya air kiriman dari Bogor, tetapi juga soal kondisi daerah aliran sungai (DAS) Ciliwung dari hulu menuju ke hilir di Jakarta.

“Juga dipengaruhi kondisi DAS Ciliwung ke Jakarta yang banyak dibangun rumah liar, banyak sampah dan limbah, dan terjadi pendangkalan,” bebernya.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini