Geger, Ridwan Kamil Disebut-sebut Incar Kursi Ketua Golkar Jabar, Demi Panggung?

Geger, Ridwan Kamil Disebut-sebut Incar Kursi Ketua Golkar Jabar, Demi Panggung? Kredit Foto: Antara/Sigid Kurniawan

Pengamat politik Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) Ujang Komarudin mendapatkan informasi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengincar kursi Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat, pascamasa jabatannya habis pada 2023.

Menurut Ujang, hal tersebut diperlukan karena nama Kang Emil-sapaan akrabnya, kerap masuk dalam bursa calon presiden potensial di 2024.

Ketika masa jabatan Kang Emil di Jabar habis pada 2023, panggung politiknya akan meredup. Karena itu, Kang Emil membutuhkan 'kendaraan' baru untuk menyongsong pesta demokrasi 2024.

Baca Juga: Anies, Ganjar, hingga Ridwan Kamil Butuh Panggung Pencitraan Menuju Pilpres 2024

"Saya dengar RK ( Ridwan Kamil -red), sedang berencana atau mengincar ingin jadi Ketua DPD Golkar Jabar. Itu artinya RK sudah paham dan sudah tahu apa yang akan terjadi pada dirinya. Daripada nanti nggak punya jabatan, maka ambil posisi Ketua Golkar Jabar," ujar Ujang, Minggu (21/2/2021).

Namun demikian, belum ada keterangan mengenai hal ini dari pihak Golkar maupun Ridwan Kamil.

Sejumlah capres potensial di 2024 mulai bermunculan, khususnya dari kalangan kepala daerah. Mereka antara lain Gubernur DKI Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, hingga Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Namanya kerap masuk dalam berbagai survei.

Teka-teki capres potensial di 2024 berkaitan dengan wacana revisi UU Pemilu , yang salah satu agendanya mengubah jadwal Pilkada 2024 menjadi 2022 dan 2023. Namun saat ini mayoritas fraksi di DPR tidak menghendaki revisi itu. Artinya, bisa dipastikan pilkada tetap dihelat pada November 2024.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini