Doni Monardo Paparkan Peran Vital RT/RW Tangani Pandemi Covid-19

Doni Monardo Paparkan Peran Vital RT/RW Tangani Pandemi Covid-19 Kredit Foto: Antara/Dhemas Reviyanto

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Doni Monardo menegaskan pentingnya pelibatan masyarakat dalam upaya menurunkan kasus aktif Covid-19. Hal tersebut bisa dimulai dari peran dan penguatan RT/RW dalam upaya penanggulangan pandemi.

Doni menjelaskan, selain pelibatan masyarakat, juga harus ditambah dengan disiplin dan kompak. Jika dari tingkat RT bisa melakukan dengan baik, maka RT akan menjadi zona hijau dan di atasnya, seperti RW, kelurahan, kecamatan, provinsi dan nasional juga akan masuk zona hijau.

Baca Juga: Doni Monardo Sebut Medali Emas HPN 2021 Sebagai "Medali Emas Pentahelix”

“Kita harus memprioritaskan sebanyak mungkin pelibatan masyarakat untuk ikut menangani pandemi Covid-19. Kita bisa mengendalikan Covid-19 dengan rumus 3M, 3T, dan vaksin," ujar Doni dalam video conference, Sabtu (20/2/2021).

Dia menyebut, per 5 Februari kasus aktif Covid-19 mencapai 176.000, dimana dari jumlah tersebut artinya ada 176.000 orang yang dalam perawatan baik perawatan tanpa gejala ringan sedang berat bahkan kritis.

"Tetapi saat ini telah menurun sekitar 17 persen, artinya kalau semuanya bekerja bersama-sama kemudian para ketua RT juga bisa melibatkan lebih banyak lagi masyarakat kita harus yakin kita harus optimis bangsa kita mampu," kata dia.

Doni juga berharap agar kepemimpinan unsur pemerintah yang terdepan yaitu para kepala desa dan juga para Lurah agar bisa menyampaikan pesan menyampaikan tentang program PPKM Mikro kepada ketua RT dan juga RW.

"Nah kalau masih ada ketua RT yang belum mendapatkan informasi ini tolong bisa diinformasikan kepada kami rt-nya di desa apa atau di mana Kelurahan apa, sehingga kami bisa mengingatkan Satgas mulai dari tingkat provinsi kabupaten kota dan juga Satgas di tingkat kecamatan untuk bisa turun lebih optimal lagi ke tengah-tengah masyarakat terutama untuk ketua RT dan RW," ucapnya.

Lihat Sumber Artikel di Okezone Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Okezone. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Okezone.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini