Seminar Indonesia Economic Outlook 2021 Usung Tema Post-Pandemic Recovery

Seminar Indonesia Economic Outlook 2021 Usung Tema Post-Pandemic Recovery Kredit Foto: Unsplash/ Afif Kusuma

Seminar Indonesia Economic Outlook 2021 dilakukan secara daring melalui platform Zoom Webinar dan Live Streaming YouTube. Seminar IEO’21 merupakan salah satu rangkaian main event dari Indonesia Economic Outlook 2021.

Pada tahun ini IEO’21 mengangkat tema “Post-Pandemic Recovery: A Resurgence of Indonesia’s Economy”. Seminar Indonesia Economic Outlook 2021 juga memiliki tiga subtema yang terbagi dalam tiga sektor, yaitu sektor fiskal, moneter, dan riil. 

Baca Juga: Approdi: Produktivitas Dorong Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2021

Pj. Dekan FEB UI, Beta Yulianita Gitaharie melalui sambutannya menyampaikan, harapannya agar Seminar IEO’21 dapat memberikan wadah bagi para pembuat kebijakan, pemerhati, dan khalayak dari berbagai kalangan khususnya mahasiswa, untuk bertukar pikiran dan pada akhirnya menghasilkan wacana yang positif dan obyektif dalam mewujudkan transformasi ekonomi bagi Indonesia di tengah tantangan global.

"Semoga banyak hal yang dapat dipelajari dengan jelas dan lengkap mengenai perkembangan terkini kondisi perekonomian, baik nasional maupun global dari semua sumber yang terkemuka," ujarnya.

sementara Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, Airlangga Hartarto menekankan bahwa pemerintah selalu membutuhkan kerjasama dari seluruh pihak terkait, terutama akademisi agar dapat memastikan proses implementasi kebijakan-kebijakan yang telah dibuat berjalan dengan baik.

"Sinergi dan koordinasi dari kebijakan ekonomi akan mengakselerasi pemulihan ekonomi dan secara bersamaan juga dapat melakukan kapitalisasi momentum untuk transformasi ekonomi," paparnya.

Kemudian Keynote Speech perspektif nasional diberikan oleh Wakil Menteri Keuangan Republik Indonesia, Suahasil Nazar menyampaikan bahwa terdapat tiga faktor utama sebagai framework kebijakan pemulihan ekonomi pada tahun 2021.

"Yaitu intervensi kesehatan, anggaran yang fleksibel dan reformasi struktural. Dalam pemaparannya, ia juga menyampaikan bahwa pemerintah akan terus melihat angka-angka dari beberapa indikator agar dapat memastikan memastikan bahwa pemulihan ekonomi dapat berjalan dengan lancar di Indonesia. Pemerintah berharap agar pertumbuhan ekonomi Indonesia meningkat berkisar antara 4,5% hingga 5,3% pada tahun 2021. Hal ini cukup sejalan dengan proyeksi institusi internasional untuk Indonesia pada tahun 2021," paparnya.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini