Wow, Pabrikan Jet Tempur Prancis Benarkan Indonesia Borong 36 Pesawatnya, Kapan Tiba?

Wow, Pabrikan Jet Tempur Prancis Benarkan Indonesia Borong 36 Pesawatnya, Kapan Tiba? Kredit Foto: AP Photo

Indonesia akan membeli sejumlah jet tempur F-15EX dari Boeing dan pesawat tempur Rafale dari Prancis antara 2021 dan 2024. Menurut dokumen pertemuan Rapat Pimpinan Angkatan Udara hari Kamis, negara ini akan memborong 36 jet tempur Rafale dan delapan F-15EX.

Dari 44 jet tempur yang akan dibeli, enam di antaranya diharapkan tiba pada tahun 2022.

Baca Juga: Proyek Jet Tempur Prancis-Jerman-Spanyol Seharga 100 Miliar Euro Siap Bikin Dunia Bergetar

Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Fadjar Prasetyo mengtakan Indonesia juga akan membeli pesawat angkut C-130J dan kendaraan udara tempur tak berawak dengan ketinggian menengah.

Fadjar mengatakan rencana pengadaan alat utama sistem senjata (alutsista) Indonesia telah mengalami beberapa kali perubahan baik dari kondisi global maupun kapasitas negara.

“Meski memiliki pedoman postur, renstra, dan Minimum Essential Force, namun implementasinya sangat bergantung pada berbagai faktor dan kondisi yang terus berubah secara dinamis,” kata Fadjar.

Menurutnya, seluruh pemangku kepentingan, termasuk Kementerian Pertahanan dan TNI AU, telah menganalisis dan membahas rencana penyelesaian masalah pengadaan.

“Ini semata-mata untuk memudahkan langkah kita dalam memperoleh alutsista terbaik yang memenuhi persyaratan operasional, aspek kesamaan, memperoleh alih teknologi sesuai dengan kemampuan negara dan kondisi TNI AU,” ujarnya.

Dalam waktu dekat, pihaknya juga akan melaksanakan modernisasi berbagai pesawat tempur, yang pelaksanaannya akan dimulai pada tahun ini.

"Esensi terpenting dari penambahan alutsista bukanlah pada penambahan jumlah platform-nya. Namun, yang jauh lebih esensial adalah pada peningkatan kemampuan secara signifikan yang dapat kita berdayagunakan dalam menjaga kedaulatan negara di udara," imbuh dia.

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini