Generasi Pemimpin Baru Dituntut Miliki Keunggulan Kompetitif

Generasi Pemimpin Baru Dituntut Miliki Keunggulan Kompetitif Kredit Foto: Dok. Panpel Webinar

Generasi muda adalah penggerak, baik sebagai konsumen maupun sumber daya manusia di perusahaan, sehingga diperlukan pemimpin muda atau representasi generasi muda dalam merancang produk dan solusi, serta dalam menentukan kebijakan perusahaan. Sebab di masa yang sedemikian dinamis karena VUCA (volatile, uncertainty, complexity, ambiguity) menuntut setiap perusahaan untuk dapat adaptif dan memiliki keunggulan kompetitif.

Demikian diungkapkan Menteri BUMN Erick Thohir, dalam Webinar & Virtual Awarding IYBLA 2021, bertema ‘Next Generation Leaders for a Great Future Business’, yang digelar PT PLN (Persero) berkolaborasi dengan Majalah SWA, Kamis (18/2/2021). Karena itu Erick berpesan, selain kemampuan teknis dan leadership, generasi pemimpin baru Indonesia juga harus memiliki karakter dan nilai luhur yang kuat dan mampu menggerakkan perubahan untuk kemajuan tidak hanya bagi usahanya tapi juga bagi Indonesia. Baca Juga: Menteri BUMN Erick Thohir Rombak Direksi PT KAI

“Kita memerlukan semangat ingin terus belajar, mudah beradaptasi dan selalu mencari terobosan yang dimiliki generasi muda,” kata Erick.Baca Juga: Enak Nih! Ada yang Bawa Pulang Miliaran Rupiah dari Perusahaan Milik Erick Thohir

Acara yang baru diadakan pertama kali ini bertujuan untuk memacu munculnya pemimpin-pemimpin muda potensial dan mendorong kesiapan mereka dalam talent pool bisnis nasional, memberikan apresiasi kepada para kader muda yang potensial dan berprestasi, memperoleh pembelajaran dari proses pengembangan pemimpin bisnis muda berprestasi, mendorong kalangan perusahaan untuk menjalankan program Young Leader Development secara sistematis dan berkesinambungan, serta mendorong program-program pengembangan kualitas generasi muda Indonesia demi menyongsong momentum bonus demografi.

Tahapan kompetisi IYBLA 2021 terdiri dari rekrutmen peserta, seleksi tertulis, penjurian online, dan diakhiri dengan penentuan pemenang oleh dewan juri yang beranggotakan praktisi dan akademisi. Peserta terbagi ke dalam dua kategori: Kategori Pemimpin Fungsi dan Kategori Pemimpin Unit Bisnis.  Untuk kategori Pemimpin Fungsi, pesertanya adalah profesional muda di level manajer atau senior manajer dengan usia maksimum 35 tahun. Sementara, untuk kategori Pemimpin Unit, berada di level BoD (Board of Director) dan CEO perusahaan dengan usia maksimum 40 tahun. Materi yang dinilai terdiri dari Otentisitas, Proses, Visi dan Inovasi, Creating Next Leaders, Performa dan Pencapaian, serta Kemampuan Komunikasi dan Persuasi.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini