Pemerintah Siapkan "Kado" Saat Hari Jadi RI Ke-76

Pemerintah Siapkan "Kado" Saat Hari Jadi RI Ke-76 Kredit Foto: Antara/Akbar N Gumay

Pemerintah berencana memberikan "kado' untuk masyarakat pada hari jadi Republik Indonesia ke-76 nanti. Kado tersebut berupa kemampuan negara dalam mengendalikan pandemi Covid-19.

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan bahwa pihaknya optimistis mampu mengendalikan pandemi Covid-19 saat perayaan dirgahayu Republik Indonesia pada 17 Agustus 2021.

Baca Juga: WNI Lakukan Perjalanan Internasional, 738 Orang Positif Covid-19 Ketika Sampai di Indonesia

Wiku menjelaskan ada beberapa indikator yang wajib positif jika Indonesia ingin mampu mengendalikan pandemi Covid-19.

"Ada berbagai indikator yang bisa dilihat seperti kasus positif, kasus aktif, kesembuhan, dan kematian," ujarnya sore dalam siaran daring BNPB, Kamis (18/2/2021).

Ini akan menjadi indikator yang menentukan kekuatan Indonesia dalam pengendalian pandemi. Jika ini dipenuhi, maka secara bertahap masyarakat akan terbebas dari pandemi.

Sejauh ini menurut Wiku, pemerintah sudah bekerja dengan maksimal. Hal ini menurut Wiku dilihat dari penyediaan tenaga kesehatan, fasilitas kesehatan, dan vaksinasi yang berjalan masif.

"Pemerintah juga berupa memastikan SDM dan faskes tersedia sehingga pelayanan maskimal. Langkah penting lainnya adalah akselerasi vaksinasi yang telah memasuki tahap kedua melalui vaksinasi ini diharapkan bisa terbantuk kekebalan komunitas sehingga makin banyak yang terlindungi," lanjut Wiku.

Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) juga menjadi fokus pemerintah. Baik nakes dan TNI bahu membahu menerapkan 3T yakni tracing, testing, dan treatment agar tepat sasaran.

"Pemerintah memastikan upaya 3T tepat sasaran dan sesuai standar agar pasien Covid-19 bisa segera sembuh," pungkasnya.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini