WNI Lakukan Perjalanan Internasional, 738 Orang Positif Covid-19 Ketika Sampai di Indonesia

WNI Lakukan Perjalanan Internasional, 738 Orang Positif Covid-19 Ketika Sampai di Indonesia Kredit Foto: Instagram/wikuadisasmito

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menemukan sebanyak 738 orang positif Covid-19 ketika sampai di Indonesia.

Hasil tersebut diperoleh setelah melakukan tes swab PCR kedua kepada 1.060 orang yang melakukan perjalanan internasional dan sampai ke Indonesia serta sudah melalui swab pertama sejak kedatangan.

Baca Juga: Vaksinasi Covid-19 Tahap Kedua Dimulai | Infografis

"Pada saat tiba di Indonesia kemudian diswab itu yang positif adalah 738 orang," kata Wiku dalam dialog di saluran daring BNPB, Kamis (18/2/2021).

Data tersebut diperoleh dari Kasubdit Karantina Kesehatan, Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) dari 28 Desember 2020 sampai 16 Februari 2021.

Ini merupakan metode pemerintah dalam menanggulangi kasus positif Covid-19 dari pendatang yang berasal dari luar negeri atau kembali dari luar negeri.

Wiku menjelaskan bahwa ini bagian dari skema Swiss Cheese atau pengecekan berlapis. Meski membawa surat keterangan negatif, pendatang akan tetap di swab untuk menguji kondisi pendatang secara aktual.

Mereka yang positif menurut Wiku akan dikarantina terlebih dahulu selama lima hari.

 

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini