Ini Langkah Daruma Dukung Digitalisasi UMKM

Ini Langkah Daruma Dukung Digitalisasi UMKM Kredit Foto: Daruma

UMKM merupakan salah satu mesin penggerak ekonomi Indonesia yang dapat dideskripsikan sebagai bisnis atau usaha yang dijalankan oleh perorangan, industri rumahan, ataupun badan usaha dalam skala kecil. Pada masa pandemi ini, menurut data Kementerian Koperasi dan UKM, disebutkan sekitar 37 ribu UMKM telah terkena efek pandemi Covid-19 dari 116 juta pekerja Tanah Air yang bekerja di sektor UMKM. Jika tidak segera ditangani, angka tersebut akan menyebabkan efek domino berkepanjangan bagi perekonomian Tanah Air.

Untuk membantu proses pemulihan serta revitalisasi UMKM di Indonesia, salah satu cara yang dapat ditempuh adalah dengan memperkenalkan program digitalisasi bagi UMKM. Upaya ini dilakukan untuk menjadi solusi bagi permasalahan yang ada, seperti jangkauan pasar yang sempit dan kurangnya brand awareness bagi produk UMKM. Kini dengan hadirnya platform social media, marketplace, dan e-commerce tentunya menjadi salah satu solusi untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Baca Juga: UMKM Jadi Incaran Serangan Siber, Berapa Minimum Investasi Agar Aman?

Daruma sebagai salah satu B2B E-Commerce lokal telah mendukung program digitalisasi UMKM melalui konsolidasi penjualan produk lokal, khususnya untuk UMKM yang bergerak di sektor konveksi ataupun garmen yang karena adanya pandemi, pendapatan mereka relatif turun hingga 30%. Konsolidasi penjualan yang ditawarkan oleh Daruma adalah memasarkan produk UMKM di platform Daruma dengan penjualan skala besar atau minimum 500-1.000 pcs. Saat ini, konsolidasi bersama UMKM difokuskan untuk memproduksi Alat Pelindung Diri seperti masker, hazmat, cover shoes, dan lain-lain.

"Keterbatasan UMKM pada masa pandemi membuat kami berpikir bagaimana caranya untuk membantu mereka. Kami ingin membuka jalan agar UMKM micro/small dapat naik kelas secepatnya dan dapat bertahan di masa pandemi Covid-19. Konsep konsolidasi penjualan produk di Daruma dapat dijelaskan secara mudah, kami mencarikan pasar bagi UMKM dengan skala besar dan kami akan mengontrol proses orderan mulai dari awal hingga selesai produksi," ucap Herry Wijaya, CEO Daruma, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (18/2/2021).

Herry melanjutkan, salah satu kelebihan program konsolidasi penjualan produk UMKM adalah dapat disesuaikan produk yang akan dibeli sesuai dengan kebutuhan. Daruma menyiapkan berbagai macam pilihan material dengan desain yang dapat disesuaikan.

"Setiap pembelian produk UMKM di Daruma, Anda akan mendapatkan sampel dalam kurun waktu 2x24 jam dengan proses produksi yang diawasi dan dikontrol oleh tim kami, tentunya dengan harga yang kompetitif ya," tambah Herry.

Konsolidasi yang dicanangkan oleh Daruma semoga menjadi salah satu jalan untuk memasarkan produk UMKM dan mendorong perekonomian Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program tersebut, dapat langsung menghubungi tim customer service Daruma melalui website.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini