Ketika Bill Gates Prediksi Robot Akan Gantikan Jutaan Pekerjaan Manusia, Ini Solusinya!

Ketika Bill Gates Prediksi Robot Akan Gantikan Jutaan Pekerjaan Manusia, Ini Solusinya! Kredit Foto: Instagram/Bill Gates

Dalam wawancara tahun 2013, Bill Gates pernah mengutarakan prediksinya bahwa robot akan membuat manusia kehilangan pekerjaan. Dan ini akan menjadi ancaman serius bagi manusia. Dengan demikian, seiring perkembangan mereka, mereka dapat melampaui manusia dalam hal kecerdasan, dan mereka dapat menghancurkan serta menggantikan manusia. 

Dilansir dari The Washington Post di Jakarta, Kamis (18/2/21) maka akan banyak tenaga kerja manusia yang akan tergantikan, jumlahnya bisa ribuan bahkan jutaan pekerjaan.

"Pergantian pada aktivitas tertentu ini akan terjadi sekaligus," ujar Gates.

Baca Juga: Bill Gates Mendadak Puji Bos Tesla: Kita Harus Punya Ribuan Orang Seperti Elon Musk

Hari ini, terbukti semakin banyak robot menggantikan posisi manusia di berbagai industri. Gates mengungkap, jika robot menggantikan peran manusia, maka mereka juga harus dikenai pajak.

"Saat ini, katakanlah pekerja manusia diupah USD50 ribu di sebuah pabrik. Upah tersebut sudah dikenai pajak dan Anda pun mendapat penghasilan yang dipotong pajak, pajak keamanan sosial dan pajak lainnya. Jika robot melakukan hal yang sama, saya pikir robot pun harus dikenai pajak yang sama," ujar Bill Gates.

Banyak pihak yang akhirnya menyuarakan ketakutan mereka tentang robot ini. Bill Gates sendiri memprediksi bahwa hal itu kemungkinan besar terjadi dalam kurun waktu 20 tahun kedepan. Namun, dengan adanya pajak, maka hal itu dapat memperlambat penyebaran otomatisasi dan menuju pendanaan pekerjaan lainnya.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini