Approdi: Produktivitas Dorong Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2021

Approdi: Produktivitas Dorong Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2021 Kredit Foto: APPRODI

Peningkatan produktivitas merupakan prasyarat utama bagi tumbuh kembangnya ekonomi suatu negara. Dengan kata lain, pertumbuhan ekonomi suatu negara merupakan fungsi peningkatan produktivitas yang tercermin pada peningkatan output nasional.

Untuk bisa tumbuh secara berkelanjutan, sistem ekonomi suatu negara membutuhkan peningkatan produktivitas sektor utama seperti industri manufaktur, pertanian, jasa, transportasi, komunikasi dan konstruksi.

Ketua Umum Asosiasi Profesi Produktivitas Indonesia (Approdi), Sanggam Purba, mengatakan bahwa produktivitas mendorong suatu negara berdaya saing tinggi dengan tingkat produksi yang efektif dan efisien serta tenaga kerja yang produktif.

Baca Juga: Percepatan Vaksinasi Tenaga Kesehatan demi Kendalikan Pandemi

"Produktivitas yang ideal di suatu negara akan meningkatkan daya saing sekaligus pertumbuhan ekonomi dan mutu kehidupan/kesejahteraan masyarakat di negara tersebut," ujar Sanggam Purba dalam diskusi nasional dengan tema Productivity and Turbulence in Digital Era di Jakarta, Rabu (17/2/2021).

Dia mengatakan, pertumbuhan ekonomi yang inklusif mustahil dapat dicapai tanpa adanya dukungan dari peningkatan kualitas dan produktivitas sumber daya manusia. Produktivitas Tenaga Kerja merupakan salah satu indikator penting dalam menentukan arah pembangunan; merupakan alat untuk mengetahui struktur ekonomi suatu wilayah.

"Peranan masing-masing sektor dalam Produktivitas Tenaga Kerja dapat menentukan skala prioritas pembangunan saat ini dan masa yang akan datang. Oleh karena itu, perhatian terhadap arti pentingnya produktivitas tenaga kerja akan menjamin kelangsungan hidup suatu negara dalam jangka panjang," paparnya.

Sanggam mengatakan, tingkat pertumbuhan Produktivitas Tenaga Kerja merupakan cerminan tingkat keberhasilan pembangunan yang telah dilaksanakan. Approdi merupakan lembaga pertama dan utama di Indonesia yang hadir ditengah-tengah masyarakat dengan beranggotakan unsur Pentahelix (Pemerintah, dunia usaha, akademisi, kelompok masyarakat, media masa) dan siap membantu pemerintah dalam meningkatkan tingkat produktivitas menunjang pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui visi menjadi wadah terkemuka dan kredibel mewujudkan Indonesia produktif dan berdaya saing.

Dia menambahkan, salah satu program meningkatkan produktivitas oleh Approdi adalah melakukan diskusi nasional dengan tema "Productivity and Turbulence in Digital Era" yang menampilkan pembicara (Guru besar IPB, Mantan Menteri Ketenagakerjaan, dan mantan Dubes di negara Skandinavia) dengan judul ceramah: SDM Unggul menghadapi "Productivity Paradox in digital era";  Dr. Nina Sapti Triaswati (ekonom senior dari Universitas Indonesia) dengan judul ceramah: Produktivitas dalam perekonomian indonesia; dan Muhamad Aditya Waman (Dewan pengawas BPJS Ketenagakerjaan sekaligus praktisi manajemen personalia di Astra Internasional) dengan judul: A new paradigm of productivity).

Acara tersebut diikuti oleh praktisi produktivitas, pejabat pemerintah, akademisi, instruktur produktivitas, konsultan, ahli produktivitas, pengukur produktivitas, promotor produktivitas, kader produktivitas baik di pusat maupun di daerah–daerah termasuk para penggerak produktivitas di seluruh Indonesia.

Hal ini sejalan dengan Revolusi Industri 4.0 yang telah membawa perubahan signifikan terhadap seluruh sendi kehidupan manusia; kini nyata dapat dicermati bagaimana perubahan tersebut menjadi fenomena dashyat yang yang tidak dapat dibendung. Perusahaan-perusahaan dunia dan juga di Indonesia berlomba-lomba dalam melakukan inovasi untuk memenangkan persaingan pasar di tengah makin ketatnya kompetisi.

Inovasi yang dilakukan di antaranya dengan strategi transformasi digital, perubahan menyeluruh atas setiap proses, kompetensi, dan model bisnis dengan implementasi teknologi digital, sejalan dengan rekomendasi berbagai lembaga riset global yang menjadikan transformasi digital sebagai pengaruh utama organisasi dalam memenangkan persaingan global.

Selain pelaksanaan diskusi nasional, Approdi melaksanakan sosialisasi (tentang visi, misi, strategi, dan program–program) kepada seluruh kalangan Pentahelix (Pemerintah, dunia usaha, akademisi, masyarakat, dan media massa) baik pada tingkat pusat maupun daerah, menjaring anggota (membership), dan memberikan pemahaman tentang pendekatan strategis peningkatan produktivitas melalui transformasi digital dalam rangka menghasilkan margin value added yang lebih besar sebagai kunci keberhasilan menghadapi kondisi turbulensi ekonomi profesi.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini