Gara-Gara Pandemi, Warren Buffett Bikin 3 Kesalahan Besar dalam Investasi!

Gara-Gara Pandemi, Warren Buffett Bikin 3 Kesalahan Besar dalam Investasi! Kredit Foto: Reuters

Miliarder investor yang terkenal, Warren Buffett telah membuat kesalahan besar akibat dari pandemi. Kesalahan itu pun membuat perusahaannya, Berkshire Hathaway ikut menanggung kerugian.

Namun, Buffett tetap menjadi sosok panutan banyak orang, terlebih prestasinya di bursa saham sulit dilampaui oleh siapapun. Berikut 3 kesalahan Warren Buffett belakangan ini!

Baca Juga: Warren Buffett Ingatkan Pentingnya Investasi Pada Diri Sendiri, Terutama dalam Hal...

1. Menjual saham maskapai penerbangan di harga murah

Akibat dari pandemi Covid-19, banyak penerbangan tertunda. Bahkan, saat pasar saham penurunan dalam-dalam, Buffett memilih untuk melepas saham maskapai penerbangan di harga murah. Namun, beberapa saat kemudian, saham-saham itu pulih dari kehancuran hingga menjadi pelajaran bagi para investor.

Buffett menjual kepemilikan saham Berkshire di sejumlah maskapai seperti Delta Air Lines, American Airlines Group, Southwest Airlines, dan United Airlines Holdings pada awal Mei 2020. Maskapai telah terguncang akibat pandemi Covid-19 yang membuat saham-saham penerbangan itu menukik 45-70 persen.

Namun, saham tersebut telah bangkit kembali. Tetapi tetap saja masih di bawah level mereka pada tahun 2019. Meski demikian, Buffett tidak menyesal karena ia melihat dasar-dasar industri penerbangan berubah selamanya.

2. Menjual saham bank saat harga murah

Selain menjual saham penerbangan, Buffett juga menjual saham bank saat harga tersebut murah. Pada pertengahan tahun 2020, tiba-tina saham bank besar kurang menonjol dalam portfolio Berkshire Hathaway hingga membuat Buffett memangkas habis saham Goldman Sachs sambil memangkas kepemilikannya di JPMorgan Chase.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini