Ditelepon Antony Blinken, Menlu Retno: AS Sampaikan Terima Kasih karena Perdamaian

Ditelepon Antony Blinken, Menlu Retno: AS Sampaikan Terima Kasih karena Perdamaian Kredit Foto: Twitter/@Menlu_RI

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken pada Selasa (16/2/2021) menghubungi Menlu Republik Indonesia Retno Marsudi membahas berbagai isu terkait hubungan bilateral Indonesia-AS.

Mengutip Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price, dalam percakapan tersebut Menlu Blinken menegaskan semakin pentingnya Kemitraan Strategis Indonesia dan AS bagi kemakmuran kedua negara. Blinken berjanji untuk lebih memperkuat hubungan bilateral yang telah terjalin sejak lama.

Baca Juga: Kembali Sikapi Kudeta Militer, Menlu Retno: Keselamatan Rakyat Myanmar Harus Jadi Prioritas

Di bidang ekonomi, Kedua Menlu membahas peluang peningkatan perdagangan dan investasi antara AS dan Indonesia.

Isu Indo-Pasifik juga diangkat dalam pembicaraan tersebut, dengan Menlu Blinken menekankan pentingnya peran utama sentralitas ASEAN di kawasan tersebut.

Dia juga menggarisbawahi pentingnya menjaga Laut Cina Selatan yang bebas dan terbuka selain juga mengungkapkan keprihatinan atas kudeta di Myanmar.

Menlu Blinken menyampaikan terima kasih atas upaya Indonesia dalam membawa perdamaian di Afghanistan. Dia memuji kepemimpinan Menlu Retno sebagai teladan positif bagi perempuan dan anak perempuan.

Dia juga mencatat bahwa sebagai negara mayoritas Muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki wawasan khusus yang dapat ditawarkan kepada rakyat Afghanistan dalam usaha penyelesaian masalah politik.

Lihat Sumber Artikel di Okezone Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Okezone. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Okezone.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini