Kisah Orang Terkaya: Robert Kuok, Pemilik Hotel Shangri-La yang Juga Raja Sawit Malaysia

Kisah Orang Terkaya: Robert Kuok, Pemilik Hotel Shangri-La yang Juga Raja Sawit Malaysia Kredit Foto: REUTERS/China Daily

Orang terkaya di Negeri Jiran, Malaysia ialah Robert Kuok. Ia terkenal sebagai pemilik hotel mewah Shangri-La sekaligus raja sawit terkaya di negeri tetangga Indonesia itu. Berdasarkan catatan Forbes, Robert Kuok memiliki harta mencapai USD12,7 miliar (Rp178 triliun).

Pemilik nama lengkap Kuok Hock Nien ini lahir di Johor Baru, 6 Oktober 1923, Robert adalah founder dan chairman dari Shangri-La Hotels and Resorts. Sebuah waralaba hotel yang tersebar di berbagai negara, termasuk di Indonesia.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: John Fredriksen, Raja Minyak Terkaya di Norwegia

Robert mendirikan Hotel Shangri-La pada tahun 1971 di Singapura. Berada di lokasi strategis, Shangri-La dengan cepat mendapatkan popularitas internasional. Hotel Shangri-La keduanya dibangun di Hong Kong di tepi pantai reklamasi di daerah Tsim Sha Tsui East waterfront pada 1977 dan juga sukses diincar para turis.

Selain itu, sebagian besar penyumbang kekayaan Kuok adalah melalui Wilmar International, perusahaan tersebut bergerak sebagai raksasa kelapa sawit terbesar di dunia. Saat ini perusahaan tersebut dijalankan oleh keponakannya, yaitu Kuok Khoon Hong.

Orang tua Robert Kuok merupakan seorang imigran China dari daerah Fujian ke Malaysia. Ia merupakan anak paling bungsu dari tiga bersaudara.

Sebelum melanjutkan bisnis keluarganya di bidang pertanian, Kuok pernah menjadi karyawan di sebuah perusahaan Jepang, Mitsubishi Shoji Kaisha pada masa Perang Dunia II, antara tahun 1942 hingga 1945 di Singapura. Setelah perang usai, ia kembali ke Johor Bahru untuk melanjutkan usaha keluarganya.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini