Lagi, Omongan Pak Mahfud Bikin Kaget, Sekarang Bilang Hukum Bukan Alat Jadi Menang, Tapi..

Lagi, Omongan Pak Mahfud Bikin Kaget, Sekarang Bilang Hukum Bukan Alat Jadi Menang, Tapi.. Kredit Foto: Antara/Aditya Pradana Putra

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, menyatakan bahwa sebenarnya hukum bukan alat untuk mendapatkan kemenangan. Akan tetapi sebagai alat untuk menjalin harmoni dan kebersamaan.

Karena itu, ia mengatakan jika ada kasus yang bisa diselesaikan dengan cara kekeluargaan tidak harus dibawa ke pengadilan. Baca Juga: Pak Jokowi Sudah Ngomong Revisi UU ITE, Pak Mahfud Langsung Tambahin: Padahal Dulu Banyak..

"Hukum bukan alat untuk menjadi menang tapi alat untuk menjalin harmoni dan kebersamaan. Oleh sebab itu, hal-hal yang sepele-sepele tidak harus dibawa ke pengadilan, tapi diselesaikan dengan mediasi. Kalau agak serius, lindungi korbannya, itu 'restorative justice'," kata Mahfud pada Rapim Polri Tahun 2021 secara virtual, Selasa (16/2/2021). 

Lanjutnya, ia mengatakan jika hukum mempunyai tiga fungsi dan tujuan, yakni kepastian, keadilan, dan kemanfaatan. Baca Juga: Cak Mahfud Minta Urusan Hukum yang Sepele Tak Perlu Dibawa ke Pengadilan

Lebih lanjut, menurut dia, bila kepastian tidak cukup, maka harus ada keadilan karena yang pasti itu belum tentu adil.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini