Bos SoftBank Masayoshi Son: Dulu Media Mengatakan Kami Telur Busuk, Lihat Kami Sekarang!!

Bos SoftBank Masayoshi Son: Dulu Media Mengatakan Kami Telur Busuk, Lihat Kami Sekarang!! Kredit Foto: REUTERS/Kim Kyung-Hoon

Miliarder Jepang Masayoshi Son yang merupakan pendiri dan ketua SoftBank Group, ingin dana investasinya menghasilkan antara 10 dan 20 "telur emas" setahun. Son sering menyamakan SoftBank Group miliknya dengan angsa bertelur emas dengan mempercepat pertumbuhan perusahaan yang menjanjikan hingga go public.

Seperti bagaimana dia sering menunjuk Alibaba dan Yahoo! sebagai kesuksesan awal yang mengarah pada investasi yang lebih baru di perusahaan seperti Uber dan DoorDash.

"Kami memiliki sekitar 160 telur di angsa," kata Son dalam konferensi pers pada hari Senin, mengacu pada investasi SoftBank di 164 perusahaan tahap akhir di tiga dana berbeda. Son melanjutkan bahwa banyak dari mereka yang akhirnya memasuki tahap panen.

Baca Juga: Bos Softbank Bongkar Kegiatan Jack Ma saat 'Menghilang'

Dilansir dari Forbes di Jakarta, Selasa (16/2/21) pada kuartal yang berakhir Desember, laba bersih SoftBank sebesar ¥ 1,17 triliun atau setara dengan USD11 miliar (Rp153 triliun). Sebagian besar dana tersebut merupakan hasil dari keuntungan investasi sebesar USD13 miliar (Rp180 triliun) dari dua Vision Funds grup.

Vision Fund I yang menjadi ciri khas SoftBank membukukan kinerja terbaiknya sejak diluncurkan pada tahun 2017, seiring reli global dalam saham-saham teknologi yang meningkatkan nilai portofolio SoftBank.

Hasil yang diumumkan hari Senin membantu menangkis beberapa kritik baru-baru ini yang ditujukan pada investor pelawan. Pada Maret 2020, Vision Fund andalan Son rugi investasi hampir USD17 miliar (Rp236 triliun) untuk tahun yang berakhir bulan itu.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini