Sejumlah Nakes Pingsan Usai Divaksin COVID-19, Dua Orang Masuk IGD

Sejumlah Nakes Pingsan Usai Divaksin COVID-19, Dua Orang Masuk IGD Kredit Foto: Unsplash

Sejumlah tenaga kesehatan yang bekerja di Rumah Sakit Umum Teungku Peukan (RSUTP) Kabupaten Aceh Barat Daya, Aceh, mengalami gejala mual, muntah hingga ada yang pingsan usai vaksinasi di RS tersebut.

Direktur RSUTP Aceh Barat Daya, Ismail Muhammad, membenarkan hal tersebut. Dia menyampaikan tenaga kesehatan sebelum divaksin banyak yang takut sehingga mengganggu psikis mereka.

"Ada timbul efek samping seperti ketakutan dan mual-mual bahkan sampai ada yang muntah," ujar Ismail saat dikonfirmasi, Senin, 15 Februari 2021.

Menurutnya tenaga kesehatan yang pingsan usai divaksin sempat dirawat ke ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) di rumah sakit itu. Padahal, sebelum dilakukan vaksinasi nakes tersebut sudah dilakukan screening.

Ismail menduga banyak yang pingsan dikarenakan para tenaga medis itu kelelahan akibat pekerjaan, sehingga mereka menjadi lemah.

"Dari hasil screening bisa divaksin. Tapi apabila psikis tenaga kesehatan lemah bisa jadi itu menjadi pemicu mereka mengalami pingsan, ditambah lagi mungkin mereka terlalu lelah masuk piket," katanya.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini