MNC Studios Bangun Movieland Studio Jumbo di Kawasan KEK Lido

MNC Studios Bangun Movieland Studio Jumbo di Kawasan KEK Lido Kredit Foto: Ist

PT MNC Studios International Tbk (MSIN), anak perusahaan PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) resmi memulai pembangunan Movieland di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) MNC Lido City, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Pekan lalu, MNC Lido City telah mendapatkan persetujuan dari Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) sebagai KEK Pariwisata. Dengan demikian maka memungkinkan kawasan tersebut menikmati berbagai fasilitas dan insentif pajak, termasuk insentif di pajak penghasilan, pajak pertambahan nilai & pajak penjualan atas barang mewah, bea masuk & pajak untuk keringanan impor, cukai, serta berbagai kemudahan perizinan lainnya.

Movieland mengusung konsep industri film dan serial drama terintegrasi akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas produksi seperti outdoor dan indoor lokasi pengambilan gambar, peralatan dengan teknologi kelas dunia, mulai dari kamera, sound ke fasilitas canggih lainnya untuk mendukung proses pasca produksi.

Baca Juga: MSIN Mulai Bangun Movieland, Hary Tanoesoedibjo: Berkelas Hollywood!

“Movieland dibangun untuk meningkatkan sineas lokal dan asing di Indonesia, yang telah berkembang pesat selama beberapa tahun terakhir. Movieland dimaksudkan untuk menjadi fasilitas satu atap yang akan berdampak signifikan pada peningkatan kualitas keseluruhan produksi kami," kata Presiden Direktur MSIN Ella Kartika dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Senin (15/2/2021).

"Kami telah menyiapkan Movieland sebagai kompleks produksi dinamis mengintegrasikan semua tahapan produksi dari pra produksi, produksi, dan pasca produksi dalam lingkungan yang terkendali sehingga biaya produksi menjadi efisien," katanya.

Movieland menghadirkan berbagai kebutuhan kawasan terbuka untuk kegiatan pemotretan seperti hunian kawasan perumahan elit, permukiman perkotaan, dan pedesaan yang bernuansa pedesaan didukung oleh set lain seperti pom bensin, rumah sakit, halte bus, stasiun kereta api.

Selain itu, MSIN juga sedang mempersiapkan berbagai area lainnya untuk pemotretan kolosal adegan, di mana area terbuka dan fleksibel berada, termasuk area dengan kerajaan latar belakang di Indonesia seperti kerajaan Islam dan Hindu juga sedang dikembangkan.

Pada prosesi cut and fill guna menandai dimulainya pembangunan Movieland, Sabtu lalu, Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo optimistis proyek ini memberi manfaat berganda bagi industri kreatif, penciptaan lapangan kerja, hingga penambahan devisa.

"Ini akan baik untuk ekonomi kreatif. Menciptakan wirausaha baru, menjadi tempat wisata bagi masyarakat Indonesia bahkan luar negeri, menciptakan devisa, menciptakan lapangan kerja, meningkatkan taraf hidup masyarakat," ujarnya. "KEK ini mempercepat pembangunan kawasan ini," imbuh Hary.

Baca Juga: MNC Lido City Jadi Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata, Ini Progress Proyeknya

Movieland dibangun di lahan seluas 21 hektare di kawasan MNC Lido City. Adapun total luas MNC Lido City mencapai 3.000 hektare. Ada lapangan golf, theme park, music festival venue seperti di Los Angeles, World Garden, seperti di Dubai, data center, technology center, danau dan taman nasional. "Jadi, Movieland dikelilingi fasilitas yang sangat luar biasa. Semuanya bertaraf internasional," tutur Hary.

Movieland juga akan memiliki studio indoor seluas 1.500 meter persegi dengan layar hijau raksasa dan set khusus lainnya untuk mendukung proses produksi film dan serial drama.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini