Banyak yang Bertanya Mengapa Biden Urung Telepon Netanyahu, Eh Gedung Putih Menjawab...

Banyak yang Bertanya Mengapa Biden Urung Telepon Netanyahu, Eh Gedung Putih Menjawab... Kredit Foto: Getty Images/Israeli Government Press Office/Amos Ben Gershom

Hampir sebulan Presiden Amerika Serikat (AS) , Joe Biden menjabat dan dia telah melakukan komunikasi dengan banyak pemimpin negara. Namun, satu pemimpin negara yang dianggap "sahabat" dekat AS yang belum ditelepon Biden hingga saat ini, yakni Perdana Menteri Israel , Benjamin Netanyahu.

Biden diketahui telah melakukan panggilan telepon dengan sekutu Washington di seluruh dunia, termasuk ke para pemimpin Meksiko, Inggris, India, Prancis, Jerman, Jepang, dan Korea Selatan. Bahkan Biden juga sudah melakukan kontak dengan pemimpin Rusia dan China, yang tidak lain adalah dua rival AS.

Baca Juga: Apa Pengaruh Trump Lolos Pemakzulan bagi Dirinya, Biden dan juga AS?

Namun, hingga saat ini Biden belum melakukan pembicaraan dengan Netanyahu. Dua Presdien AS sebelumnya, yakni Donald Trump dan Barack Obama, menjadikan Netanyahu sebagai salah satu orang pertama yang dihubungi setelah mereka resmi menjabat.

Juru bicara Gedung Putih, Jennifer Psaki mengatakan bahwa Biden belum melakukan panggilan telepon kepada Netanyahu bukanlah "pembangkangan" yang disengaja.

Dia menuturkan, Biden akan melakukan komunikasi dengan pemimpin negara lain, khususnya sekutu AS, termasuk Netanyahu dalam waktu dekat.

"Netanyahu adalah seseorang yang telah dikenal Biden selama beberapa waktu. Itu hanyalah cerminan dari fakta bahwa kita telah berada di sini selama tiga setengah minggu. Dia belum menghubungi setiap pemimpin global dan dia sangat ingin melakukannya di minggu-minggu mendatang," ucapnya, seperti dilansir Sputnik Pada Minggu (14/2/2021).

Sebelumnya, Netanyahu mengaku tidak terganggu bahwa hingga saat ini Biden belum melakukan komunikasi dengan dirinya. 

Menurut Duta Besar Israel untuk AS, Gilad Erdan, Netanyahu sadar bahwa banyak hal mendesak yang harus dihadapi oleh Biden, salah satunya adalah pandemi Covid-19. Oleh karena itu, jelas Erdan, Netanyahu tidak mempermasalahkan kapan Biden akan menelepon dirinya.

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini