Arus Balik Imlek, 114 Ribu Kendaraan Kembali ke ....

Arus Balik Imlek, 114 Ribu Kendaraan Kembali ke .... Kredit Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya

PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat 114.110 kendaraan menuju Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi (Jabotabek) melewati tol pada hari eprtama arus balik libur Tahun Baru Imlek, Sabtu (13/2/2021).

Angka tersebut merupakan kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari beberapa Gerbang Tol (GT) barrier/utama, yaitu GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama, arah Timur, GT Cikupa, arah Barat dan GT Ciawi, arah Selatan.

"Total volume lalin yang menuju Jabotabek ini turun 10,6% jika dibandingkan lalin normal. Untuk distribusi lalu lintas menuju Jabotabek dari ketiga arah yaitu mayoritas sebanyak 47,0% dari arah Timur, 31,9% dari arah Barat, dan 21,0% dari arah Selatan," kata Corporate Communication&Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru, Jakarta, Minggu (14/2/2021).

Baca Juga: Dapat Subsidi Tambahan, Harga Tiket Kereta Api Ekonomi Akan Lebih Murah!

Baca Juga: Bayar Rp20 Ribu, Penumpang Kereta Api Bisa Tes COVID-19

Adapun rincian arus lalu lintas tersebut yakni, arah timur, GT Cikampek Utama 2, dengan jumlah 25.866 kendaraan menuju Jakarta, turun sebesar 12,7% dari lalin normal.

GT Kalihurip Utama 2, dengan jumlah 25.655 kendaraan menuju Jakarta, turun sebesar 10,9% dari lalin normal. Total kendaraan menuju Jakarta dari arah Timur adalah sebanyak 51.531 kendaraan, turun sebesar 11,8% dari lalin normal.

Lalu, arah barat, lalin menuju Jakarta dari arah Barat melalui GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak adalah sebesar 38.622 kendaraan, turun sebesar 6,1% dari lalin normal.

Arah selatan, jumlah kendaraan yang menuju Jakarta dari arah Selatan/Lokal melalui GT Ciawi 2 Jalan Tol Jagorawi sebanyak 23.957 kendaraan, turun sebesar 14,6% dari lalin normal.

"Jasa Marga memprediksi puncak arus balik menuju Jabotabek dalam rangka libur Tahun Baru Imlek terjadi pada hari ini, Minggu (14/02). Prediksi untuk jumlah kendaraan yang kembali ke Jakarta pada hari ini mencapai 154.079 kendaraan. Prediksi Volume lalin ini merupakan kumulatif arus lalin dari empat GT barrier/utama yang telah disebutkan sebelumnya," tutup Heru.

Lihat Sumber Artikel di Okezone Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Okezone. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Okezone.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini