Adu Cepat Internet Indonesia, Siapa Juara di Jaringan Mobile dan Tetap?

Adu Cepat Internet Indonesia, Siapa Juara di Jaringan Mobile dan Tetap? Kredit Foto: Telkomsel

Ookla, LLC melalui merk dagangnya, Speedtest.net merilis laporan tentang kecepatan internet di Indonesia. Laporan Speedtest.net menunjukan beberapa keunggulan dari penyedia layanan internet di Indonesia dari beberapa indikator yang ditunjukan.

Untuk jaringan mobile, Speedtest memberikan mahkota kepada Telkomsel yang menjadi operator tercepat di Indonesia dengan skor 22,22. Peringkat kedua ditempati oleh IM3 Ooredoo dengan skor 19,13, kemudian XL dengan skor 15,41.

Baca Juga: Internet Cepat, Indonesia Raih Dua Peringkat Ini...

"Speedtest Intelligence® mengungkapkan Telkomsel adalah operator seluler tercepat di antara penyedia teratas di Indonesia pada Q3-Q4 2020 dengan Speed ??Score ™ 22,22 pada chipset modern," tulis perusahaan dalam laman miliknya, Kamis (11/2/2021).

Telkomsel juga menyabet peringkat pertama untuk kategori latensi dan konsistensi kecepatan internet menurut Speedtest.

Sementara, untuk cakupan sinyal 4G, peringkat pertama ditempati oleh IM3 Ooredoo dengan skor 95,5%.

"Meneliti persentase lokasi yang diketahui operator tempat perangkat memiliki akses ke layanan 4G LTE, kami menemukan bahwa IM3 Ooredoo memiliki Ketersediaan 4G terbaik di Indonesia selama Q3-Q4 2020 sebesar 95,5%," tulisnya.

Sementara untuk jaringan fixed broadband atau tetap (WiFi) kategori kecepatan internet ditempati oleh Biznet dengan skor 33,99, diikuti MyRepublic dengan skor 33,20, kemudian First Media dengan skor 14,82.

Untuk latensi jaringan tetap, MyRepublic memimpin dengan latensi 16 ms, diikuti Telkom dengan 17 ms, kemudian Biznet dengan 26 ms.

MyRepublic kembali menempati peringkat pertama menurut pengukuran Speedtest pada kategori konsistensi kecepatan internet.

"Dalam mengukur konsistensi kinerja masing-masing penyedia layanan broadband, kami menemukan bahwa MyRepublic memiliki Skor Konsistensi ™ tertinggi di Indonesia selama Q3-Q4 2020, dengan 60,4% hasil menunjukkan setidaknya kecepatan unduh minimal 25 Mbps dan kecepatan unggah minimum 3 Mbps," pungkas perusahaan

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini