Demi Menentang Kudeta Militer, Aksi Protes Pemuda Myanmar Makin Kreatif

Demi Menentang Kudeta Militer, Aksi Protes Pemuda Myanmar Makin Kreatif Kredit Foto: CNN

Unjuk rasa menentang kudeta militer Myanmar memasuki hari kelima. Pengunjuk rasa di negara Asia Tenggara itu semakin kreatif dalam menyuarakan pendapatnya.

Sebelumnya banyak pemuda-pemudi Myanmar yang sudah menulis frasa-frasa komedi di spanduk unjuk rasa mereka. Seperti 'mantan pacar saya buruk, tapi militer lebih buruk lagi'.

Baca Juga: Peluru Tajam Militer Myanmar Hujam Kepala Demonstran, Markas NLD Juga Diubrak-abrik

Pada Rabu (10/2/2021) BBC melaporkan generasi muda Myanmar semakin kreatif dalam menggelar aksinya. Seperti perempuan-perempuan muda yang menggunakan gaun pesta dalam unjuk rasa di kota Yangon. Para gadis muda itu menyebut diri mereka sebagai 'putri'.

Salah satu 'putri' mengatakan pada surat kabar Frontier Myanmar mereka ingin 'menunjukkan perempuan muda juga berpartisipasi' dalam protes menentang kudeta 1 Februari.

Namun tidak hanya putri-putri ini yang turun ke jalan menuntut militer mengembalikan kekuasaan ke pemerintah sipil, aksi kreatif juga dilakukan sekelompok orang yang duduk di bak karet sambil memegang spanduk. Mereka menjelaskan mengapa peristiwa dalam 10 hari terakhir ini membuat mereka 'sedikit kesal'.

Beberapa hari terakhir puluhan ribu orang turun ke jalan untuk menentang kudeta walaupun pemerintah militer sudah melarang masyarakat berkumpul. Pengunjuk rasa tidak mundur dengan kekerasan yang polisi lakukan terhadap demonstran di ibukota Nay Pyi Taw

Seorang perempuan yang ikut unjuk rasa pada Selasa (9/2/2021) kemarin dalam keadaan kritis di rumah sakit.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini