Gempa Dahsyat 7,7 SR di Pasifik, Australia Mengonfirmasi Kebenarannya

Gempa Dahsyat 7,7 SR di Pasifik, Australia Mengonfirmasi Kebenarannya Kredit Foto: (foto: Shutterstock)

Gempa bumi berkekuatan 7,7 skala Richter (SR) melanda wilayah Pasifik Selatan pada Kamis (11/2), memicu peringatan tsunami. Pusat Seismologi Mediterania Eropa (EMSC) mengatakan pusat gempa berkekuatan 7,7 SR berada di 417 km timur Tadine, Kaledonia Baru, dan pada kedalaman 10 km.

Australia mengonfirmasi ancaman tsunami laut ke Pulau Lord Howe, cagar laut lebih dari 700 kilometer timur laut Sydney, tetapi mengatakan evakuasi tidak diperlukan. Otoritas Selandia Baru mendesak penduduk di sepanjang pantai utara untuk menghindari pantai dan area pantai.

"Kami memperkirakan daerah pesisir Selandia Baru mengalami arus yang kuat dan tidak biasa serta gelombang yang tidak terduga di pantai," ungkap pernyataan badan tersebut.

Gempa, yang kekuatannya ditingkatkan dari skala sebelumnya 7,2 SR, menyusul setidaknya tiga gempa lain di wilayah itu dengan kekuatan mulai dari 5,7 SR hingga 6,1 SR dalam rentang waktu lebih dari satu jam.

Sistem Peringatan Tsunami Amerika Serikat mengatakan pengawasan tsunami berlaku untuk Samoa Amerika dan menyebutkan potensi tsunami di wilayah lain termasuk Vanuatu, Fiji dan Selandia Baru.

“Gelombang mencapai hingga 1 meter di atas permukaan air pasang normal mungkin terjadi di beberapa wilayah pantai Vanuatu, Fiji dan Selandia Baru,” tambahnya.

Faktanya, Indonesia berada di urutan kedua terbawah dari 61 negara di dunia dalam hal minat baca. Mau sampai kapan? Mulai aja dulu dari #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini