Begini Strategi Jabar Dorong Digitalisasi UMKM

Begini Strategi Jabar Dorong Digitalisasi UMKM Kredit Foto: Rahmat Saepulloh

Sebagai salah satu upaya mendukung keberlangsungan usaha UMKM Jawa Barat, sekaligus untuk membantu proses transformasi digital UMKM Jawa 

Barat dengan meluncurkan platform borongdong.id sebagai salah satu upaya mendorong pemulihan ekonomi daerah melalui digitalisasi dengan inovasi cara berjualan (ICALAN), sekaligus platform digital media penjualan UMKM di Jawa Barat. 

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (Emil) mengatakan bahwa dengan tagline #bela negara dengan belanja, melalui program borongdong, para Aparat Sipil Negara (ASN) dan PNS di Jawa Barat dapat turut berkontribusi mendukung keberlangsungan usaha UMKM guna pemulihan ekonomi.

Baca Juga: Kemungkinan Pilkada 2024, Anies dan Ridwan Kamil Mesti Waspada!

Langkah ini juga merupakan rangkaian awal dukungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat terhadap Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang digagas oleh Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi bekerja sama dengan Bank Indonesia dan diresmikan untuk pertama kalinya pada 11 Januari 2021 lalu. 

Berkaitan dengan pelaksanaan Gernas BBI 2021 ini, Pemprov Jabar mengamati terdapat 3 kunci utama optimalisasi Gernas BBI guna mendukung pemulihan ekonomi, yaitu Sinergi berbagai pemangku kepentingan dalam mendorong UMKM unggulan di Jawa Barat untuk meningkatkan kualitas produk dan memperluas pasar. 

Selanjutnya, kreativitas dalam menghasilkan karya-karya kreatif yang dapat menarik pasar baik di dalam maupun luar negeri, dan Ketiga, digitalisasi, baik dalam perluasan pasar (onboarding), pengelolaan usaha, maupun sistem pembayaran. 

"Melalui program borongdong dan Gernas BBI 2021, kita wujudkan “New UMKM” yang tangguh, bercirikan pemanfaatan teknologi digital dan memberikan nilai tambah terhadap perekonomian, sekaligus menjadi UMKM Juara baik di negeri sendiri maupun internasional. Hal ini juga sejalan dengan upaya kita bersama untuk terus mengendalikan virus COVID-19 namun dengan tetap menumbuhkan perekonomian masyarakat,"jelasnya kepada wartawan di Bandung, Rabu (10/2/2021).

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini