Virus Corona Inggris dan Afsel? Tenang! Bisa Dilibas Oleh Vaksin Pfizer

Virus Corona Inggris dan Afsel? Tenang! Bisa Dilibas Oleh Vaksin Pfizer Kredit Foto: Unsplash/Mika Baumeister

Pfizer-BioNTech mengatakan pada Senin (8/2/2021) bahwa vaksin buatan perusahaan itu efektif melawan varian Covid-19 baru yang ditemukan di Afrika Selatan dan Inggris.

Mereka mengutip sebuah penelitian yang diterbitkan di situs Natural Medicine, yang mengatakan vaksin tersebut menghasilkan antibodi yang menetralkan mutasi virus yang pertama kali muncul di Inggris dan Afrika Selatan.

Baca Juga: Studi Teranyar Ungkap Vaksin Pfizer Sukses Takuti Virus Corona Varian Baru

Panel serum manusia dari 20 peserta diuji oleh para peneliti setelah mereka diberi suntikan vaksin untuk melawan virus yang bermutasi.

"Batasan dari penelitian saat ini adalah bahwa virus yang direkayasa tidak menyertakan rangkaian lengkap mutasi lonjakan yang ditemukan di varian Inggris atau Afrika Selatan," tulis hasil penelitian itu.

Studi tersebut diterbitkan setelah penelitian terpisah mengungkapkan pada Minggu bahwa vaksin Oxford-AstraZeneca kurang efektif terhadap varian Afrika Selatan.

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini