Kisah Perusahaan Raksasa: Eneos Holdings, Berangkat dari Taipan Minyak Tenar Sebagai Sponsor

Kisah Perusahaan Raksasa: Eneos Holdings, Berangkat dari Taipan Minyak Tenar Sebagai Sponsor Kredit Foto: Getty Images/Bloomberg

Eneos Holdings Incorporated adalah konglomerat minyak dan logam asal Tokyo, Jepang. Perusahaan bergerak dalam bisnis energi, usaha eksplorasi, pengembangan dan produksi minyak dan gas bumi, serta bisnis logam atau operasi yang berhubungan dengan bisnis.

Eneos adalah salah satu perusahaan raksasa peringkat ke-123 berdasarkan pada pendapatannya. Di peringkat itu, total revenues yang didapat oleh perusahaan mencapai 75,89 miliar dolar AS. Sayangnya, perusahaan harus merugi 1,72 miliar dolar dalam tempo 2019 hingga 2022.

Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Sony, Konglomerat Teknologi Jepang yang Dulang Cuan Berkat PlayStation

Sementara itu, nilai Eneos di perusahaan mencapai 11,2 miliar dolar. Dan, aset perusahaannya itu berada di angka 74,13 miliar dolar.

Berikut ulasan ringkas Warta Ekonomi, pada Selasa (9/2/2021) terkait perusahaan terkaya asal Jepang, Eneos Holdings. 

Eneos dahulu bernama JX Holdings Inc. Sebuah perusahaan yang bergerak dalam pembuatan produk minyak bumi dan petrokimia. JX Holdings lahir pada tanggal 1 April 2010 dari penggabungan dua perusahaan pendahulu, yakni Nippon Oil Corporation dengan Nippon Mining Holdings. 

Nippon Oil adalah importir dan distributor produk minyak bumi terbesar Jepang dengan menguasai sekitar 25 persen pasar. Produk minyak bumi utama perseroan antara lain bensin, nafta, minyak tanah, solar, bahan bakar jet, bahan bakar minyak berat, pelumas, dan aspal.

Nippon Oil didirikan pada tahun 1888 selama restorasi Meiji, yang berlangsung dari tahun 1867 hingga 1912. Ini adalah awal masa perubahan luar biasa di Jepang.

Pemerintah mengubah Jepang menjadi kekuatan dunia dan berusaha untuk mencontoh perkembangan negara di atas Barat. Teknologi Barat, khususnya Amerika Serikat, digunakan untuk memodernisasi perekonomian Jepang. Sistem pemerintahan parlementer diperkenalkan pada tahun 1885, meniru sistem Jerman.

Nippon Oil dan Mitsubishi Oil Company mencapai kesepakatan pada November 1984. Kesepakatan yang diteken adalah terkait pembagian pemasaran dan fasilitas.

Pada Oktober 1998, Nippon Oil mengumumkan bahwa ada persetujuan untuk bergabung dengan Mitsubishi Oil. Kesepakatan pertukaran saham, yang selesai pada April 1999, menciptakan perusahaan minyak terbesar di Jepang dengan nama Nippon Mitsubishi Oil Corporation. 

Satu sisi, perkawinan ini menyelamatkan Mitsubishi dari kemungkinan masalah keuangan parah karena dilanda kerugian. Sementara di saat yang sama, Nippon Oil adalah perusahaan yang masih dapat bertahan saat itu.

Nippon Oil Exploration memiliki 5 persen saham Syncrude, sebuah perusahaan pertambangan pasir minyak Kanada, melalui anak perusahaannya yang sepenuhnya dimiliki Mocal Energy.

Perusahaan juga memiliki kerjasama teknis dengan Tide Water Oil Co, produsen produk minyak bumi India. Pelumas berkualitas unggul dengan merek ENEOS diproduksi dan dipasarkan di India oleh Tide Water Oil Co.

Pendahulu Japan Energy pertama kali didirikan pada tahun 1905 sebagai perusahaan pertambangan, yang berkembang menjadi eksplorasi minyak pada tahun 1914. Setelah banyak merger dan reorganisasi, pada tahun 1992 perusahaan tersebut mendirikan perusahaan terpisah untuk bisnis pertambangannya yang disebut Nippon Mining & Metals, dan sisanya perusahaan minyak mengganti namanya menjadi Japan Energy Corporation.

Pada tahun 2002, kedua perusahaan tersebut mendirikan Nippon Mining Holdings sebagai perusahaan induknya. Sementara kedua perusahaan tetap ada, mereka dihapus dari daftar.

Pada akhir 2003, Japan Energy Corporation menjadi bagian dari konsorsium yang mulai mengeksplorasi ladang gas alam di lepas pantai Aomori. Pada tahun 2010, Nippon Mining bergabung dengan Nippon Oil menjadi JX Holdings, dan aset minyak bumi dari Japan Energy dan Nippon Oil direorganisasi menjadi dua perusahaan, JX Nippon Oil & Energy dan JX Nippon Oil & Gas Exploration.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini