Kompleks Majid Al-Aqsa Hampir Diterobos Puluhan Pemukim Yahudi, Gak Bisa Diadang karena Ada Polisi

Kompleks Majid Al-Aqsa Hampir Diterobos Puluhan Pemukim Yahudi, Gak Bisa Diadang karena Ada Polisi Kredit Foto: Reuters/Ammar Awad

Puluhan pemukim Israel menyerbu kompleks Masjid Al-Aqsa di wilayah pendudukan Yerusalem Timur pada Senin. Wakaf Islam Yerusalem mengatakan bahwa 47 pemukim yang didampingi oleh polisi memaksa masuk ke kompleks pada pagi hari melalui gerbang Al-Mugharbah.

Lembaga tersebut memperkirakan akan ada lebih banyak pemukim berkumpul di kompleks di kemudian hari. Pada Minggu, 106 pemukim Israel masuk ke situs suci di bawah perlindungan polisi.

Baca Juga: Kacau, Mobil Trek-trekan di Pangkalan Jet Siluman F-35 Israel

Otoritas Israel mengizinkan pemukim masuk ke kompleks tersebut sejak 2003, meskipun otoritas agama Palestina telah berulang kali menyatakan keberatan karena kunjungan tersebut memprovokasi jamaah masjid.

Israel menduduki Yerusalem Timur, tempat Al-Aqsa berada, selama perang Arab-Israel 1967 dan mencaplok seluruh kota pada 1980.

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini