Mau Terima Lebih Banyak Pengungsi, Joe Biden: Ini Komitmen yang Manusiawi

Mau Terima Lebih Banyak Pengungsi, Joe Biden: Ini Komitmen yang Manusiawi Kredit Foto: AP Photo/Andrew Harnik

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden siap menerima lebih banyak pengungsi setelah bertahun-tahun membatasi mereka masuk di pemerintahan mantan Presiden AS Donald Trump

Melalui briefing Gedung Putih pada Kamis (4/2/2021) Penasihat Keamanan Nasional Jake Sullivan mengatakan Biden akan mengeluarkan perintah eksekutif untuk membangun kapasitas negara untuk menerima pengungsi. Namun waktunya belum dipastikan dengan jelas.

Baca Juga: Inilah Sosok Bos CIA Baru Pilihan Joe Biden, Hmm... Ada Aroma Nuklir Iran

Sekretaris pers Gedung Putih Jen Psaki mengatakan dirinya tidak memperkirakan Biden akan mengeluarkan perintah pada Kamis (4/2/2021), namun Biden “berkomitmen untuk mencari cara untuk memastikan lebih banyak pengungsi diterima di Amerika Serikat”.

Biden telah berjanji untuk mengembalikan peran historis AS sebagai negara yang menerima pengungsi dari seluruh dunia setelah empat tahun membatasi penerimaan pengungsi di bawah Trump.

“Kami ingin menerapkan proses imigrasi di sini yang bisa - itu manusiawi, moral, yang mempertimbangkan permohonan pengungsi, permohonan orang untuk datang - ke negara ini, di perbatasan, dengan cara yang memperlakukan orang seperti manusia,” kata Psaki, Selasa (2/2).

“Itu akan memakan waktu,” katanya.

“Ini tidak akan terjadi dalam semalam,” lanjutnya.

Menurut seroang sumber, Biden diharapkan untuk mengeluarkan perintah pengungsi dalam hubungannya dengan pidato Kamis (4/1) di Departemen Luar Negeri AS yang bertujuan untuk menghidupkan kembali tenaga kerja di sana. Namun alasan itu ditunda karena alasan yang belum jelas.

Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Pengungsi (UNHCR) memperkirakan ada 1,4 juta pengungsi di seluruh dunia yang membutuhkan pemukiman kembali.

Diketahui, pemerintahan Biden menghadapi program pengungsi yang bersebarangan dengan kebijakan garis keras Trump.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Okezone Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Okezone. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Okezone.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terkini