Mantengin Antam hingga Vale Seharian Be Like: Ampun Bang Jago!

Mantengin Antam hingga Vale Seharian Be Like: Ampun Bang Jago! Kredit Foto: Sufri Yuliardi

Pasukan saham nikel tiba-tiba bangkit dari kubur setelah terjebak auto reject bawah (ARB) selama tujuh hari berturut-turut. Seakan balas dendam, saham nikel bergerak sangat liar hingga ramai-ramai eksis di daftar saham top gainers

Merangkum data perdagangan BEI melalui RTI, trio saham nikel yang mengamuk hari ini ialah PT Timah Tbk (TINS), PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM), dan PT Vale Indonesia Tbk (VALE). Lantas, bagaimana pergerakan dari masing-masing saham tersebut sepanjang hari ini? Simak rangkuman berikut. Baca Juga: Bukan Kaleng-Kaleng! IHSG Terbang 3,50%, Investor Panen Setengah Triliun Rupiah Lebih!

1. PT Timah Tbk (TINS)

Saham TINS menjadi saham nikel yang paling liar sepanjang perdagangan Senin, 1 Februari 2021. Menempati posisi teratas top gainers, saham TINS terapresiasi 21,30% ke level Rp2.050 per saham pada penutupan sesi kedua.  Baca Juga: Berkat Matahari Putra Prima dan Perusahaan Hary Tanoe, Nasib IHSG Berubah 180 Derajat!

Angka tersebut bahkan masih di bawah level terbaik yang ditembus TINS pada hari ini, yakni mencapai Rp2.090 per saham. Pada dasarnya, saham TINS dibuka merah pada level Rp1.640 per saham pada pagi tadi. 

Perlu diketahui, TINS bersama saham nikel lainnya kompak terkena ARB pada pekan lalu. Dari lima hari perdagangan, saham TINS hanya sekali menghijau pada Senin, 25 Januari 2021. Selebihnya, saham TINS tercatat ARB dengan akumulasi koreksi mencapai -8,07% dalam sepekan.

2. PT Aneka Tambang Tbk (ANTM)

Jika TINS ARB selama empat hari berturut-turut, saham Antam mengalami hal yang lebih parah, yakni ARB selama enam hari berturut-turut sejak tanggal 22 hingga 29 Januari 2021 lalu. Jika dikalkulasikan, saham Antam anjlok -9,41% dalam sepekan terakhir. 

Meskipun begitu, saham Antam berhasil bangkit pada perdagangan Senin, 1 Februari 2021. RTI mencatat, saham Antam dibuka merah di Rp2.090 per saham pada pagi tadi. Selama perdagangan, saham Antam terus menguat hingga menyentuh level tertinggi di harga Rp2.640 per saham. Adapun pada penutupan sesi kedua, saham Antam menghijau 17,12% ke level Rp2.600 per saham.

3. PT Vale Indonesia Tbk (INCO)

Tak mau ketinggalan, saham INCO juga ikut berpesta sepanjang perdagangan hari ini. Meski sempat anjlok ke zona merah hingga ke level terbawah Rp5.225 per saham, INCO mampu terbang ke level tertinggi di Rp6.300 per saham. Menutup perdagangan hari ini, saham INCO menghijau 13,64% ke level Rp6.250 per saham.

Pada pekan lalu, saham INCO juga ikut dalam rombongan saham nikel yang terjebak ARB. Hanya saja, ARB saham INCO hanya berlangsung selama tiga hari berturut-turut, yakni dari 26 hingga 28 Januari 2021. Secara akumulatif, saham INCO terkoreksi -1,57% dalam waktu sepekan.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini