Apresiasi TikTok Awards, Angela Tanoesoedibjo: Kreator Konten Peluang Baru Ekonomi Kreatif

Apresiasi TikTok Awards, Angela Tanoesoedibjo: Kreator Konten Peluang Baru Ekonomi Kreatif Kredit Foto: Ist

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo mengapresiasi "TikTok Indonesia Awards 2020" sebagai bentuk dukungan bagi para kreator konten Tanah Air di industri kreatif.

"Kemenparekraf mendorong acara, seperti Tik Tok Awards dimana memberikan peluang baru di bidang ekonomi kreatif sebagai content creator," kata Angela, di Jakarta, Sabtu (30/1/2021).

Angela mengatakan di tengah pandemi saat ini, dimana banyak sektor usaha mengalami penurunan, ekonomi kreatif melalui content creator justru menjadi peluang bagi generasi muda untuk terus berkarya.

Baca Juga: RCTI dan TikTok Apresiasi Kreativitas Para Kreator

Selain itu, lanjutnya, Kemenparekraf mendorong industri pertelevisian, dan para sineas untuk menghasilkan karya-karya berkualitas yang tidak kalah dengan produk impor.

"Sinetron Ikatan Cinta sebagai contohnya yang booming di saat pandemi, dimana hampir 50% penonton prime time televisi di seluruh Indonesia menonton sinetron Ikatan Cinta. Ini juga peluang yang akan terus digalakkan oleh Kemenparekraf agar generasi muda tetap mendapat peluang usaha di tengah pandemi," katanya.

Diketahui, RCTI bersama TikTok menghadirkan program penghargaan yang untuk pertama kalinya digelar di Indonesia, “TikTok Awards Indonesia 2020.”

"TikTok Awards Indonesia 2020" merupakan ajang penghargaan bagi para kreator TikTok di Indonesia yang telah memberikan tayangan video kreatif, menghibur serta inspiratif bagi masyarakat luas.

Baca Juga: Widih, TikTok Versi China Mulai Rambah Sektor Dompet Digital

Sebelumnya, memang belum pernah ada sebuah platform digital bersama media televisi membuat ajang penghargaan, seperti TikTok Awards Indonesia 2020.

Sebanyak 14 kategori akan diberikan yang terdiri dari 6 kategori Public Vote, di mana pemenang berdasarkan vote terbanyak masyarakat; dan 8 Kategori Judges Pick, di mana pemenang dalam kategori ini berdasarkan penilaian juri.

“RCTI sebagai televisi pioneer awarding bersama TikTok mempersembahkan TikTok Awards Indonesia 2020 yang merupakan sebuah inovasi serta bentuk apresiasi kepada seluruh kreator TikTok yang mampu menghibur dan dapat dinikmati oleh semua masyarakat. Semoga TikTok Awards Indonesia 2020 menjadi ajang kreasi bagi para pengguna platform digital untuk bisa lebih kreatif lagi serta menghibur seluruh masyarakat,” ujar Dini Putri selaku Programming & Acquisition Director RCTI.

Penghargaan ini disiarkan secara langsung di layar RCTI mulai pukul 17.00 WIB hingga malam pada 30 Januari 2021.

"TikTok menyediakan platform bagi siapapun untuk mengekspresikan kreativitasnya, dan sepanjang tahun lalu pun kami melihat bagaimana para kreator baru bermunculan dengan konten yang berhasil menghibur serta menginspirasi banyak orang. Berbagai kreator dan konten inspiratif tersebut dapat terlihat dari nominasi yang masuk ke dalam TikTok Awards Indonesia 2020 ini," ungkap Angga Anugrah Putra, Head of User and Content Operations TikTok Indonesia.

Salah satu pengisi acara utama di malam puncak penghargaan TikTok Awards Indonesia 2020 nanti adalah Agnez Mo. Agnez Mo pastinya akan perform dengan sesuatu yang lebih glamor dan lebih menghibur di malam nanti. Selain Agnez Mo, artis lain yang bakal ikut serta memeriahkan TikTok Awards Indonesia 2020 adalah finalis Indonesian Idol tahun lalu, Tiara Andini.

Tidak hanya Tiara, sederet artis lain seperti Marion Jola, Jessica Bunga, Fahmi Shahab, Weird Genius, Novia Bachmid, Tian Storm & Ever SLKR, Putih Abu Abu, Asyraf Jamal dan masih banyak lagi.

Ada pula bintang-bintang sinetron Ikatan Cinta, yaituArya Saloka, Amanda Manopo, Glenca Chysara, dan Ayya Renita.

Selanjutnya, nama–nama artis para pembaca nominasi lainnya, yaitu Chef Arnold Poernomo, Ayu Dewi,Marshel Widianto, Boy William, Luna Maya,Verrell Bramasta dan Ranty Maria.

Acara ini dipandu oleh Raffi Ahmad dan Nia Ramadhani. Program TikTok Awards Indonesia 2020 juga dapat disaksikan di aplikasi RCTI+ atau di www.rctiplus.com dan juga di platform digital TikTok.

Daftar Pemenang TikTok Awards Indonesia 2020:

-Rizky Febian - Musician Creator of the Year

-Rensia Sanvira - Rising Star of the Year

-@asahpolapikir - Best of Learning & Education

-@resep_debm - Best of Lifestyle

- Kopi Dangdut - Viral Song of the Year

-@aldogiustino21 - Best of Technology

-@fadlanholao - Best of Comedy

-@jumadilmusa13 - Best of Fitness & Wellness

-@akuferdiann - Best of Gaming

-@idgitaf - Best of Performers

-@cahyanirynn - Popular Creator of the Year

-Arnold Poernomo - Celebrity Creator of the Year

-@Jharnabhagwani - Best of Fashion & Beauty

-@bukananakdapur - Creator of the Year

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini