Uni Emirat Arab Akan Berikan Status Kewarganegaraan bagi Orang Asing, Syaratnya Begini...

Uni Emirat Arab Akan Berikan Status Kewarganegaraan bagi Orang Asing, Syaratnya Begini... Kredit Foto: Unsplash/Swag Photography

Pemerintah Uni Emirat Arab (UEA) mengumumkan akan memberikan status kewarganegaraan bagi warga negara asing tertentu yang tinggal di negaranya.

Penguasa Dubai dan Perdana Menteri Uni Emirat Arab, Sheikh Mohammed bin Rashed Al Maktoum mengataka warga negara asing seperti investor, orang-orang dengan bakat khusus dan profesional seperti ilmuwan, dokter, insinyur, seniman, penulis beserta keluarga mereka akan memenuhi syarat naturalisasi di bawah amandemen baru undang-undang kewarganegaraan.

Baca Juga: Disetop, Penumpang dari Uni Emirat Arab Terlarang untuk Inggris karena...

Pemerintah UEA mengatakan amandemen itu bertujuan untuk menghargai bakat dan kompetensi yang ada di UEA dan menarik lebih banyak pikiran cerdas ke komunitas Emirat.

"Kabinet UEA dan dewan eksekutif akan mencalonkan mereka yang memenuhi syarat untuk kewarganegaraan di bawah kriteria sesuai kategori. UU mengizinkan penerima paspor UEA untuk mempertahankan kewaganegaraan mereka saat ini," kata PM UEA, dikutip Al Jazeera, Minggu (31/1/2021).

Warga asing di Uni Emirat Arab biasanya memiliki visa yang dapat diperbarui, yang berlaku hanya untuk beberapa tahun terkait dengan pekerjaan mereka. Namun baru-baru ini, pemerintah setempat membuat kebijakan visa fleksibel, yang menawarkan masa tinggal lebih lama untuk investor, pelajar dan profesional tertentu.

Tahun lalu, pemerintah UEA memperpanjang sistem visa 'emas', yang memberikan izin tinggal selama 10 tahun di negara Teluk. Kebijakan itu berlaku untuk profesional tertentu, pemegang gelar khusus dan lainnya.

UEA juga memiliki komunitas ekspatriat kaya yang terus berkembang karena pajak yang renda dan mega-proyek mewah serta tempat-tempat wisata yang besar.

Sebagai informasi, salah satu negara liga arap itu menjamin standar hidup tinggi bagi warganya melalui pekerjaan dan sistem kesejahteraan. Namun tidak diketahui apakah program naturalisasi ini akan memberikan WN asing mendapatkan sistem kesejahteraan yang sama.

UAE menghabiskan miliaran dolar setiap tahunnya untuk memberikan pendidikan gratis, perawatan kesehatan, pinjaman perumahan dan hibah bagi warganya.

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini