Makin Panas! China Modalin Pakistan Kapal Perang Canggih Buat Hadapi India

Makin Panas! China Modalin Pakistan Kapal Perang Canggih Buat Hadapi India Kredit Foto: Foto: Reuters.

China meluncurkan kapal perang canggih kedua yang dibuat untuk Pakistan pada Sabtu (30/1/2021). "Upacara peluncuran kapal Fregat kelas Tipe-054 diadakan di Galangan Kapal Hudong Zhonghua (HZ) di Shanghai dengan dihadiri pejabat senior angkatan laut China dan Pakistan," bunyi pernyataan Angkatan Laut Pakistan.

"Dilengkapi dengan senjata permukaan, bawah permukaan, dan anti-udara, kapal fregat Type-054 akan menjadi salah satu platform permukaan paling berteknologi maju di armada angkatan laut Pakistan," sambung pernyataan itu seperti disitir dari Anadolu, Minggu (31/1/2021).

Menurut Angkatan Laut Pakistan kapal dilengkapi dengan berbagai kemampuan peperangan elktronik, pengawasan udara dan permukaan, serta sensor akustik yang terintegrasi melalui Sistem Manajemen Tempur yang canggih.

Baca Juga: Lagi dan Lagi, Pakistan Ogah Kompromi dengan Israel karena...

Pakistan memberikan kontrak untuk membuat empat kapal fregat Type-054 ke China Shipbuilding Trading Company (CSTC) dan HZ Shipyard milik pemerintah China pada tahun 2017. "Semua kapal dikirim sesuai jadwal yang direncanakan," kata pernyataan itu.

"Upacara tersebut bertepatan dengan penyelesaian 70 tahun hubungan diplomatik Pakistan-China yang dibangun di atas ikatan persahabatan dan saling percaya yang bersejarah," tambahnya.

Baca Juga: Demi Lunasi Utang USD2 M ke Saudi, Pakistan Terpaksa Minta Duit ke China

Komodor Azfar Humayun, kepala pengawas angkatan laut Pakistan untuk China, mengatakan induksi kapal perang akan secara signifikan meningkatkan kemampuan pertahanan dan pencegahan maritim Pakistan.

Dia juga mengakui komitmen, kerja keras, dan penyelesaian tepat waktu dari proyek pencapaian penting ini oleh M/s CSTC dan HZ Shipyard, Shanghai meskipun pandemi global sedang berlangsung.

Proyek ini merupakan bagian dari upaya Islamabad untuk meningkatkan kemampuan angkatan lautnya di tengah ketegangan yang terus-menerus dengan saingan lamanya, India.

Pakistan juga menandatangani kontrak dengan Turki pada Juli 2018 untuk memperoleh empat kapal perang, dengan korvet MILGEM pertama dikirim pada 2023.

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini