Dukung Efisiensi UMKM, PGN Layani Produsen Roti di Dumai

Dukung Efisiensi UMKM, PGN Layani Produsen Roti di Dumai Kredit Foto: Unsplash/Peter Feghali

PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) hadir memberikan solusi melalui energi baik gas bumi yang efisien dan dapat dirasakan langsung oleh usaha kelas kecil dan menengah atau UMKM di wilayah Dumai. Hal ini seiring dengan peningkatan harga bahan baku dan persaingan usaha, di mana diperlukan inovasi tersendiri termasuk dalam sektor sumber bahan bakar.

Salah satu usaha roti di Dumai, Riau, Paramount Bakery yang berdiri sejak tahun 2004. Paramount Bakery memakai gas bumi PGN sebagai bahan bakar sejak tahun 2019.

Baca Juga: PGN Group Tingkatkan Efisiensi Operasional Rantai Bisnis Subholding Gas

“Ekonomis, praktis, dan hemat tentunya. Dari segi keuangan pasti, apalagi produksi. Sekarang pakai gas sudah stabil mau bikin roti berapa saja jalan terus, sekuatnya,” kata pemilik Paramount Bakery, Popo Mulyadi.

Popo mengungkapkan, setiap bulannya ia mengeluarkan biaya sekitar tiga juta rupiah, sehingga didapatkan penghematan sekitar 60% sejak menggunakan gas bumi PGN.

Popo pun menceritakan bahwa sebelum berlangganan PGN, Ia sering kali dibuat kesulitan untuk menjaga api terus menyala untuk proses oven roti. Apabilah salah perkiraan, dipastikan roti dalam oven tidak mengembang, karena kompor mati di tengah proses oven.

Saat pertama kali didirikan, Popo mengerjakan usahanya sendiri dibantu istrinya. Kini usahanya berjalan pesat dan menyediakan bermacam jenis roti yang telah dipasarkan di wilayah Kota Dumai dan sekitarnya.

Area Head, Dumai, Arief Nurrachman menyampaikan bahwa harga gas bumi untuk Pelanggan Kecil 2 (PK-2) yang meliputi UMKM, hotel, restoran/rumah makan, rumah sakit swasta, lembaga pendidikan swasta, pertokoan atau ruko dan kegiatan komersial sejenisnya sebesar Rp. 6.000/m3. Sedangkan untuk kebutuhan pelanggan Pelanggan Kecil (PK)-2, normalnya konsumsi gas bumi berkisar antara range 50 – 1.000 m3, sehingga harga jual yang ditetapkan tidak akan memberatkan para pengguna gas bumi untuk usaha bagi masyarakat.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini