Mengenal Saima Mohsin, Muslimah Pertama yang Duduki Jabatan Jaksa AS

Mengenal Saima Mohsin, Muslimah Pertama yang Duduki Jabatan Jaksa AS Kredit Foto: Reuters/Lindsey Wasson

Mulai bulan depan, jaksa federal baru di Detroit, Amerika Serikat (AS) adalah Saima Mohsin. Dia adalah muslimah pertama yang menjadi jaksa federal AS.

Mulai 2 Februari, Mohsin, 52, akan menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Jaksa Federal AS untuk Distrik Michigan timur setelah Jaksa Federal AS saat ini untuk distrik tersebut, Matthew Schneider, mengundurkan diri pada 1 Februari.

Baca Juga: Ruang Sidang di AS Tolak Mentah-mentah Muslimah Berhijab, Ini Alasannya...

Menjabat selama tiga tahun, Schneider mengumumkan pengunduran dirinya pada hari Kamis dan mengatakan Mohsin, yang saat ini adalah asisten pertama Jaksa Federal AS untuk Michigan timur, akan menggantikannya.

Lahir di Pakistan, Mohsin telah menjadi jaksa selama beberapa dekade, bekerja sejak 2002 di Kantor Kejaksaan AS. Sebagai seorang imigran keturunan Asia yang beragama Islam, dia akan membawa keberagaman ke posisi penting sebagai kepala penegak hukum federal di bagian timur negara bagian Michigan.

Departemen Kehakiman dalam rilis pers, yang dilansir dari Detroit Free Press, Selasa (26/1/2021), mengatakan Mohsin telah bertugas di Unit Kejahatan dan Kejahatan Terorganisir Kantor Kejaksaan AS, Satuan Tugas Narkoba dan Unit Kejahatan Umum.

"Saya sangat senang meninggalkan kantor ini di tangan salah satu jaksa federal terbaik yang pernah saya kenal, Saima Mohsin," kata Schneider.

3fe6d287-4ea0-4760-b3a7-54ef7fb05a6c-Acting_US_Attorney_Mohsin_Photo.jpg

"Saima adalah pengacara pengadilan yang dinamis dan manajer yang berbakat. Dan, sebagai wanita pertama, imigran, Jaksa Muslim Amerika Serikat dalam sejarah Amerika, pengabdiannya benar-benar bersejarah. Saima akan menjadi perwakilan dan pembela komunitas kami yang luar biasa sebagai Plt Jaksa AS."

Dua pemimpin Council on American-Islamic Relations (CAIR), sebuah kelompok advokasi Muslim dan hak-hak sipil, mengatakan kepada Detroit Free Press bahwa mereka selama ini tidak mengetahui adanya Jaksa AS atau Plt Jaksa yang Muslim. Mohsin juga diyakini sebagai Jaksa Federal AS pertama yang berkebangsaan Pakistan-Amerika.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini