Masuki Fase Pemulihan, Mandiri Optimistis Ekonomi Tumbuh 4,4% di 2021

Masuki Fase Pemulihan, Mandiri Optimistis Ekonomi Tumbuh 4,4% di 2021 Kredit Foto: Sufri Yuliardi

Bank Mandiri memprediksi bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2021 akan mencapai 4,4%. Hal ini seiring dengan tren pemulihan ekonomi yang terus menunjukkan perbaikan.

Direktur Treasury & International Banking Bank Mandiri Panji Irawan mengatakan, perekonomian Indonesia telah melewati dampak terdalam dari Covid-19 pada kuartal II-2020 saat mencatat kontraksi ekonomi sebesar -5,32% dan menunjukkan pemulihan pada kuartal berikutnya. Tren ini diperkirakan akan berlanjut pada tahun ini.

Menurutnya, perekonomian Indonesia pada tahun 2021 akan beranjak dari fase bertahan atau survival kepada fase pemulihan dengan dukungan beberapa faktor, yaitu program vaksinasi yang sudah mulai berjalan, implementasi UU Cipta Kerja, serta penurunan kasus Covid-19.

Baca Juga: Catat Tanggal Mainnya, Ribuan Investor Bakal Hadiri Mandiri Investment Forum 2021

"Faktor pendukung lainnya adalah peningkatan investasi swasta sejalan dengan berbagai stimulus Pemerintah untuk mendorong pulihnya permintaan," katanya di Jakarta, Senin (25/1/2021).

Adapun riset Office of Chief Economist Bank Mandiri memprediksi bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia akan mencapai 4,4% di 2021.

Proyeksi tersebut lebih baik dibandingkan tahun 2020 karena didorong oleh pertumbuhan konsumsi dan investasi swasta yang diperkirakan akan tumbuh positif tahun ini dibandingkan tahun 2020 yang terkontraksi.

"Terdapat beberapa sektor ekonomi potensial untuk menarik investasi swasta, di antaranya adalah sektor infrastruktur, kesehatan, pendidikan, komunikasi atau ICT, dan beberapa industri manufaktur yang terdampak positif dari perjanjian perdagangan, seperti otomotif dan elektronik," ucap Chief Economist Bank Mandiri Andry Asmoro.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini