Selama Pandemi Covid-19, Pertamina Borong Produk UMKM hingga Rp4,4 Triliun

Selama Pandemi Covid-19, Pertamina Borong Produk UMKM hingga Rp4,4 Triliun Kredit Foto: Pertamina

PT Pertamina (Persero) mencatat nilai transaksi belanja Pertamina Grup pada produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) selama 2020 mencapai Rp4,5 triliun. Belanja tersebut dilakukan melalui pengadaan secara elektronik (E-Proc) sebesar Rp4,4 triliun dan Pasar Digital (PaDi) UMKM sebesar Rp1,16 miliar.

Transaksi Pertamina Group kepada UMKM meliputi 23 bidang usaha antara lain pengadaan dan sewa peralatan-mesin, jasa konstruksi, dan renovasi, material konstruksi, pengadaan dan sewa perlengkapan-furnitur, jasa ekspedisi dan pengepakan, jasa perawatan peralatan dan mesin, jasa advertising, catering, hingga jasa travel dan akomodasi.

Baca Juga: Pertamina Kucurkan Rp1 Miliar Bantu Masyarakat Terdampak Bencana

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan sebagai perusahaan nasional, Pertamina mewujudkan keberpihakan pada UMKM sebagai bentuk investasi sosial untuk memberikan nilai tambah kepada UMKM.

Upaya ini diharapkan akan menumbuhkan kepercayaan serta memberikan dampak positif terhadap keberkelanjutan usaha bagi Pertamina. Nicke mengatakan Pertamina memberikan akses seluasnya bagi UMKM untuk menjadi mitra Pertamina dalam penyediaan layanan pendukung baik berupa usaha pengadaan barang maupun jasa.

"Program Kemitraan merupakan salah satu cara perusahaan untuk berdayakan UMKM, dan hal tersebut sejalan dengan misi Pemerintah dalam program Sustainability Development Goals (SDG) dengan menciptakan lapangan dan kesempatan kerja yang akan berdampak signifikan bagi upaya mengentaskan kemiskinan," kaya Nicke dalam keterangan resmi, Minggu (24/1/2021).

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini