Pensiun dari Polri, Idham Aziz Bakalan Cocok Menempati Posisi Duta Besar

Pensiun dari Polri, Idham Aziz Bakalan Cocok Menempati Posisi Duta Besar Kredit Foto: Antara/Muhammad Adimaja

Jenderal Idham Azis bakal menyerahkan tongkat kepemimpinan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) kepada Komjen Listyo Sigit Prabowo. Setelah tak lagi menjabat Kapolri, Idham Azis dinilai cocok menjadi duta besar (dubes).

Menurut Ketua Program Studi Magister Kajian Ilmu Kepolisian, Sekolah Kajian Strategis, dan Global Universitas Indonesia (UI) Chairul Muriman Setyabudi, Idham Azis merupakan sosok yang banyak mengemban tugas reserse kriminal. Sehingga dia sudah dicetak untuk terbiasa membangun analisis dalam memecahkan kasus. "Mindset tersebut terus berkembang sampai beliau menjadi Kapolri," katanya, Senin (25/1/2021).

Baca Juga: Pensiun Jadi Kapolri, Mungkin Nggak Idham Aziz Jadi Menteri? Pengamat Bongkar Ini...

Idham memiliki pengalaman memecahkan kasus kriminal dan teroris. Semua itu diselesaikan secara imbang berdasarkan pengetahuan yang dimilikinya.

"Beliau memiliki pengalaman memecahkan kasus-kasus kriminal maupun kasus teroris, diselesaikan secara imbang bersandar pada knowledge yang diimplementasikan melalui skill secara strategis, namun tidak meninggalkan aspek perilaku dalam pengungkapan kasus," paparnya.

Chairul menuturkan, Idham memiliki kepiawaian pola pikir yang mengedepankan knowledge, skill, dan aspek psikomotorik (perilaku).

"Pak Idham Azis saya nilai kompeten diserahi tugas-tugas negara yang kompleks, bahkan antarnegara yang memerlukan pengambilan keputusan secara strategis dan komunikatif. Nah, peran ini pas pada jabatan duta besar. Pak Idham Azis sangat sesuai dengan jabatan duta besar tersebut," pungkasnya.

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini