Israel Siap Bangun Kedubesnya Usai Dapat Restu dari UEA

Israel Siap Bangun Kedubesnya Usai Dapat Restu dari UEA Kredit Foto: Rawpixel

Uni Emirat Arab (UEA) telah menyetujui rencana pembangunan kedutaan besarnya untuk Israel di Tel Aviv. Hal itu merupakan bagian penting dari perjanjian damai dan normalisasi yang dicapai kedua negara tahun lalu.

“Dewan menteri menyetujui pendirian kedutaan UEA di Tel Aviv di Negara Israel," kata Pemerintah UEA melalui akun Twitter resminya pada Minggu (24/1/2021), dikutip laman Israel National News.

Baca Juga: Innalillahi, Penjara Israel Lagi-lagi Laporkan Tewasnya Warga Palestina

Pada Agustus 2020, UEA dan Bahrain menandatangani perjanjian damai dengan Israel. Perjanjian damai tersebut dikenal dengan nama Abraham Accords. Pemerintahan mantan presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump berperan besar dalam memediasi serta menjembatani ketiga pihak terkait.

Dalam perjanjian normalisasi itu, Bahrain dan UEA setuju membuka penerbangan langsung dari dan ke Israel. Para pihak pun sepakat membuka kedutaan besar di negara masing-masing. Normalisasi Israel dengan Bahrain dan UEA merupakan pukulan besar bagi perjuangan kemerdekaan Palestina.

Palestina, yang selama ini selalu mendapat dukungan penuh dari negara Arab, memandang kesepakatan normalisasi sebagai sebuah tusukan dari belakang. Selain Bahrain dan UEA, pemerintahan Trump membantu Israel mencapai kesepakatan serupa dengan Sudan dan Maroko. 

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini