Bravo! Polisi Belanda Sukses Ciduk El Chapo Asia, Buronan Paling Dicari Sejagat

Bravo! Polisi Belanda Sukses Ciduk El Chapo Asia, Buronan Paling Dicari Sejagat Kredit Foto: Foto/Istimewa

Polisi Belanda mengaku telah menangkap Tse Chi Lop, tersangka pemimpin sindikat narkoba Asia yang terdaftar sebagai salah satu buronan paling dicari di dunia. Tse telah dibandingkan dengan raja narkoba Meksiko, Joaquin "El Chapo" Guzman.

"Tse seorang warga negara Kanada kelahiran China, ditahan atas permintaan polisi Australia, yang memimpin penyelidikan yang menemukan bahwa organisasinya mendominasi perdagangan narkoba Asia-Pasifik senilaiUSD 70 miliar per tahun," kata juru bicara polisi Belanda ,Thomas Aling.

Baca Juga: Calon Kapolri Ancam Pecat Pasukannya Jika Terlibat Narkoba, Respons Istana Tak Disangka..

Dia diperkirakan akan diekstradisi setelah menghadap hakim, kata Aling, seraya menambahkan bahwa penangkapannya oleh polisi nasional terjadi tanpa insiden di Bandara Schiphol Amsterdam.

"Dia sudah masuk dalam daftar paling dicari dan dia ditahan berdasarkan intelijen yang kami terima," ucap Aling, seperti dilansir Reuters pada Minggu (24/1/2021).

Polisi Belanda tidak dapat memberikan rincian tentang proses hukum dan tidak jelas apakah Tse memiliki pengacara. Pria berusia 57 tahun itu telah berpindah-pindah antara Makau, Hong Kong dan Taiwan dalam beberapa tahun terakhir.

Jeremy Douglas, perwakilan Asia Tenggara dan Pasifik untuk Kantor PBB untuk Narkoba dan Kejahatan pada 2019 mengatakan bahwa Tse Chi Lop berada satu level dengan El Chapo atau mungkin Pablo Escobar. Baca juga: Manfaatkan PPKM, Kurir Narkoba Dibekuk Polisi Beserta Barbuk

Sindikat yang diduga dia jalankan dikenal oleh anggotanya sebagai "The Company". Penegak hukum juga menyebutnya sebagai "Sam Gor",atau Saudara Nomor Tiga dalam bahasa Kanton, sebagai salah satu nama panggilan Tse.

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini