Awal yang Bagus! Per 20 Januari 2021, Nilai Tukar Rupiah Menguat 0,77%

Awal yang Bagus! Per 20 Januari 2021, Nilai Tukar Rupiah Menguat 0,77% Kredit Foto: Sufri Yuliardi

Bank Indonesia (BI) menyatakan, nilai tukar Rupiah menguat didukung langkah-langkah stabilisasi BI dan berlanjutnya aliran masuk modal asing ke pasar keuangan domestik.

"Nilai tukar Rupiah pada 20 Januari 2021 menguat 0,77% secara rerata dan 0,14% secara point to pointdibandingkan dengan level Desember 2020," kata Gubernur BI Perry Warjiyo di Jakarta, belum lama ini.

Menurut Perry, penguatan nilai tukar Rupiah didorong oleh peningkatan aliran masuk modal asing ke pasar keuangan domestik seiring dengan penurunan ketidakpastian pasar keuangan global dan persepsi positif investor terhadap prospek perbaikan perekonomian domestik.

Baca Juga: Kamis Manis: Rupiah Eksis, Dolar AS Meringis!

Memasuki awal tahun 2021, BI mencatat aliran masuk modal asing yang masuk ke pasar keuangan domestik mencapai 5,1 miliar dolar AS (per 19 Januari 2021), termasuk penerbitan obligasi global oleh Pemerintah.

"Ke depan, BI memandang penguatan nilai tukar Rupiah berpotensi berlanjut seiring levelnya yang secara fundamental masih undervalued," ungkapnya.

Hal ini didukung oleh defisit transaksi berjalan yang rendah, inflasi yang terjaga, daya tarik aset keuangan domestik yang tinggi, dan premi risiko Indonesia yang menurun, serta likuiditas global yang besar.

"BI terus memperkuat kebijakan stabilisasi nilai tukar Rupiah sesuai dengan fundamentalnya dan bekerjanya mekanisme pasar, melalui efektivitas operasi moneter dan ketersediaan likuiditas di pasar," tutupnya.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini