Warung Pintar Dorong Efisiensi di Tengah Pandemi

Warung Pintar Dorong Efisiensi di Tengah Pandemi Kredit Foto: KrAsia

Pandemi COVID-19 yang terjadi sepanjang tahun 2020 memberi dampak yang besar bagi seluruh pengusaha, terlebih para pengusaha mikro. Melalui survei internal, Warung Pintar mengukur rata-rata penurunan pendapatan warung hingga angka 28%, di mana beberapa lokasi, seperti lokasi komersial, layanan publik, dan sekolah, mengalami penurunan paling drastis hingga lebih dari 80% akibat berhentinya aktivitas di lokasi-lokasi tersebut.

Pembatasan aktivitas mengakibatkan disrupsi pada rantai pasok yang menyebabkan ketidakpastian keberadaan barang serta lonjakan harga akibat kelangkaan barang tertentu. Hal ini juga merupakan imbas dari perubahan perilaku masyarakat terhadap pembelian dan pemilihan barang konsumsi dengan menjadikan warung dan toko kelontong sebagai opsi utama pemenuhan kebutuhan harian.

Baca Juga: Ajak UKM Manfaatkan Pasar Modal, OJK Luncurkan Security Crowdfunding 

"Dengan Grosir Pintar, warung dapat memilih untuk membeli barang dari mitra grosir sehingga pengiriman barang bisa dilakukan dalam waktu 1 hingga 3 jam saja. Layanan ini pun membantu memenuhi kebutuhan mendadak yang sering terjadi serta mempermudah kegiatan warung yang memiliki perputaran uang yang terbatas,” menurut Agung Bezharie Hadinegoro, CEO dan Co-Founder, Warung Pintar, Jumat (22/1/2021).

Perusahaan juga mengklaim para pemilik warung pun mengaku mengalami peningkatan omset harian sebesar 20 hingga 34% dalam kurun waktu 1 tahun. Pada layanan Grosir Pintar, anggota Grosir Pintar dapat menjangkau hingga 600 warung sebagai pelanggan baru, di mana diantaranya tercatat memperoleh keuntungan mencapai 8 kali lipat dari sebelumnya.

Perusahaan mengklaim dari segi biaya, para pemilik warung menghemat rata-rata 62 ribu rupiah karena tidak perlu bepergian untuk belanja secara offline.

"Di tahun 2020 pun, jumlah transaksi dan pengguna aktif Warung Pintar mengalami peningkatan lebih dari 6 kali lipat. Melihat tren ini, kami yakin Warung Pintar dapat tumbuh bersama para pelaku industri warung dengan terus mendorong efisiensi dan produktivitas,” pungkas Agung.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini