2021, Maung Pindad Versi Sipil Siap Mengaspal

2021, Maung Pindad Versi Sipil Siap Mengaspal Kredit Foto: Rahmat Saepulloh

Kendaraan Taktis Ringan Maung 4X4 yang awalnya diproduksi khusus untuk militer direncanakan akan rilis versi sipilnya pada 2021.

Direktur Utama PT Pindad (Persero), Abraham Mose mengatakan Pindad berkomitmen masuk ke pasar komersil untuk kendaraan Maung versi sipil yang diperkirakan akan dirilis pada pertengahan tahun 2021.

Progress saat ini sedang memasuki tahapan persiapan komersialisasi dengan mengundang berbagai mitra termasuk ahli otomotif dan kolektor untuk berdiskusi lebih lanjut. 

Baca Juga: Menteri BUMN Erick Thohir Tunjuk Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono Jabat Komisaris Pindad

"Tahapan perizinan untuk kendaraan versi sipil juga sedang dijajaki karena tentunya terdapat perbedaan dengan izin produksi kendaraan militer yang sudah didapatkan sebelumnya,"katanya kepada wartawan di Bandung, Jumat (22/1/2021).

Tahapan produksi Maung versi sipil juga akan melibatkan ekosistem industri otomotif di dalam negeri.

Abraham menegaskan spesifikasi Maung versi sipil tentunya akan berbeda dengan versi militer karena terdapat kelengkapan versi militer yang tidak akan digunakan dalam versi sipil, diantaranya bracket senjata, roll bar dan beberapa penyesuaian lainnya. Saat ini Pindad juga sedang melakukan tahap pengujian terhadap 10 pabrikan untuk dipilih mesin mana yang akan digunakan.

"Maung versi sipil dibanderol mulai di kisaran harga 600 juta-an, tergantung tipe dan kelengkapannya nanti," tambahnya.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini