Pandemi Covid-19 Nyaris Setahun, Suku Baduy Nol Kasus Positif

Pandemi Covid-19 Nyaris Setahun, Suku Baduy Nol Kasus Positif Kredit Foto: Antara/Muhammad Iqbal

Pandemi Covid-19 nyaris setahun. Makin ke sini, lonjakan kasus positif bahkan makin menggila. Tapi, sampai saat ini, tak ada satu pun masyarakat adat Baduy, yang dinyatakan positif Covid-19.

Masyarakat Baduy di pedalaman Lebak, Banten, terbebas dari Covid-19 karena disiplin tidak ke luar daerah.

"Kami mengapresiasi warga Baduy dapat mengendalikan Covid-19 itu," kata Petugas Medis Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Cisimeut Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak, Iton Rustandi di Lebak, seperti dikutip Antara, Rabu (20/1).

Baca Juga: Bupati Sleman Positif Covid Usai Divaksin Sinovac, Kemenkes & BPOM Buka Suara

Iton yang wilayah kerjanya meliputi Kanekes, Bojongmenteng, Nayagati, dan Cisimeut Raya menambahkan, masyarakat Baduy terbilang patuh dalam menjalankan protokol kesehatan 3M: memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan guna mencegah penularan virus Corona.

Tetua adat setempat mengimbau masyarakat Baduy, agar tidak ke luar daerah seperti Jakarta, Tangerang dan Bogor yang menjadi daerah penyebaran Covid-19.

Mereka lebih banyak di rumah dan ladang-ladang, untuk mengembangkan pertanian. "Kami juga mengoptimalkan edukasi tentang bahaya Covid-19, agar warga Baduy mengetahui penyebaran penyakit tersebut," ujarnya.

Puskemas setempat terus mengendalikan pandemi Covid-19 dengan membagikan ribuan masker ke permukiman masyarakat Baduy, serta melakukan penyemprotan disinfektan.

Selanjutnya
Halaman

Ingat, terus terapkan gerakan 3M: memakai masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan, serta mencuci tangan.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #ingatpesanibupakaimasker #ingatpesanibujagajarak #ingatpesanibucucitangan #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini