Jokowi Kesal Bukan Main Gara-gara Kinerja Menteri Ini Memble

Jokowi Kesal Bukan Main Gara-gara Kinerja Menteri Ini Memble Kredit Foto: Antara/Sigid Kurniawan

Presiden Jokowi kembali menyoroti masih tingginya impor produk pertanian seperti kedelai, gula hingga bawang putih setiap tahun. Jokowi ingin masalah tersebut segera diselesaikan.

Impor sejumlah komoditas tersebut, harus dilakukan Indonesia dalam jumlah besar demi menjamin ketersediaan stok di dalam negeri.

“Gula masih impor jutaan ton, padahal kita memiliki lahan, kita memiliki resources. Kedelai, jagung impornya juga jutaan. Ini perlu diselesaikan,” kata Jokowi saat berbicara di Kompas100 CEO Forum yang dilaksanakan secara daring di Jakarta, kemarin.

Baca Juga: Jokowi Terjang Banjir di Kalsel, Eh Ayahnya AHY yang Kena Sindir DS: SBY Nggak Suka

Dia juga kesal, bawang putih yang dulu tidak impor karena ada sentra tanam di Nusa Tenggara Barat (NTB), Wonosobo, hingga Temanggung, kini harus kembali impor.

Jokowi menyebut, hasil tanam di sentra bawang putih itu sudah kalah saing dengan bawang putih impor. “Masalah ini juga harus dibenahi,” pinta Jokowi.

Karena itu, mantan Wali Kota Solo ini meminta para pimpinan perusahaan untuk merancang kolaborasi antara usaha besar dengan petani.

Kolaborasi harus dijalankan untuk mengoptimalkan produksi pertanian dalam negeri, sehingga bisa mengurangi impor komoditas pangan.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan, kemampuan produksi di dalam negeri harus dibenahi, baik dari sisi kualitas maupun kuantitas. Ini dilakukan agar Indonesia tidak perlu lagi impor.

 

Pembenahan di sektor pertanian sangat penting. Apalagi sektor ini diprediksi menjadi salah satu sektor yang terus bertahan dan pulih dengan cepat di tengah tekanan pandemi Covid-19.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini