Biden Sukses Geser Trump, Berikut Fakta-fakta Menarik dari Pelantikan Presiden AS

Biden Sukses Geser Trump, Berikut Fakta-fakta Menarik dari Pelantikan Presiden AS Kredit Foto: AP Photo/Alex Brandon

Joe Biden resmi menjadi Presiden ke-46 Amerika Serikat (AS) pada Rabu (20/1/2021) pada sebuah upacara yang sangat berbeda dari pelantikan sebelumnya.

Pasalnya momen bersejarah kali ini terasa berbeda sebagian karena pembatasan pandemi COVID-19 pada orang banyak, dan keamanan yang intens setelah serangan di Ibu kota dua minggu lalu.

Baca Juga: Merinding, Ada Cerita di Balik Alkitab Raksasa yang Dipakai Joe Biden saat Disumpah Menjadi Presiden

Kita bakal melihat kembali beberapa fakta menarik dari hari-hari pelantikan presiden AS di masa lampau, seperti dilansir LocalSYR.com, pada Kamis (21/1/2021).

GettyImages-3251059-John-Adams.jpg?resize=516,720

John Adams adalah Wakil Presiden pertama AS, melayani di bawah George Washington. Dia menjadi presiden kedua negara, tetapi kalah untuk masa jabatan kedua dari seorang pria yang pernah menjadi teman dekat, yang berubah menjadi saingan sengit, Thomas Jefferson.

Adams menjadi presiden pertama yang tidak menghadiri pelantikan penggantinya, melewatkan sumpah Jefferson untuk kembali ke pertaniannya di Braintree, Massachusetts.

Library of Congress mengatakan kedua pria tersebut kemudian berdamai. Dan, selama lima belas tahun terakhir hidup mereka, keduanya pun bertukar lebih dari 150 surat.

Mereka meninggal dalam beberapa jam satu sama lain pada 4 Juli 1826.

Karena COVID-19, tidak akan ada pesta perdana untuk menghormati Presiden Biden.

Tradisi itu pertama kali dimulai dengan pelantikan Presiden keempat AS, James Madison.

GettyImages-803484-James-madison.jpg?resize=539,720

Madison, dan Ibu Negara Dolley Madison, adalah tamu kehormatan di sebuah acara yang diadakan di hotel lokal yang menampilkan tarian dan musik. Ini bukanlah acara untuk kebanyakan orang pada tahun 1809. Pasalnya biaya tiket saat itu $4.

Pada tahun 1849, hari pelantikan jatuh pada hari Minggu. Itu adalah masalah bagi Presiden terpilih Zachary Taylor. Taylor sangat percaya pada "menguduskan hari Sabat" dan menolak untuk disumpah pada hari Minggu.

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini