Netflix Tersalip, Disney+ Hotstar Raup Jumlah Pelanggan Lebih Banyak

Netflix Tersalip, Disney+ Hotstar Raup Jumlah Pelanggan Lebih Banyak Kredit Foto: Unsplash/CardMapr

Saat perang streaming memanas di seluruh dunia, Disney + Hotstar tmenunjukkan keunggulan yang cukup besar atas Netflix di Indonesia sebagai negara terpadat keempat di dunia.

Menurut laporan Hollywoodrerporter (20/1/2021), Per 16 Januari, Disney + Hotstar memiliki 2,5 juta pelanggan di Indonesia, diikuti oleh perusahaan streaming lokal Asia Tenggara Viu dan Vidio, masing-masing dengan 1,5 juta dan 1,1 juta pelanggan. Netflix tertinggal di tempat keempat dengan hanya 850.000 pelanggan.

Baca Juga: Netflix Bakal Stop Utang, Sahamnya Naik Gila-Gilaan

Bisnis streaming masih dalam tahap perkembangan yang sangat awal di pasar negara berkembang Indonesia. Hanya 3 persen dari 270 juta penduduk negara itu yang berlangganan layanan video on demand menurut laporan baru dari konsultan regional Media Partners Asia (MPA).

Peluncuran Disney + Hotstar pada bulan September membantu mendorong lonjakan penggunaan video on demand secara keseluruhan di negara tersebut. Tepat sebelum peluncuran lokal Disney, Indonesia diperkirakan memiliki 3,4 juta pelanggan streaming berbayar, tetapi pada 16 Januari, total pelanggan telah melonjak 106 persen menjadi sekitar 7 juta, menurut penelitian MPA.

"Pertumbuhan SVOD di Indonesia, pasar terpadat di Asia setelah China dan India, menggembirakan tetapi masih panjang jalannya," kata Wakil Presiden MPA Anthony Dobson.

Anthony juga mencatat bahwa hanya 10 persen rumah tangga Indonesia yang saat ini menjadi pelanggan streaming.

Namun seiring "percepatan investasi dalam konten lokal dan Asia" akan ada "ruang lingkup yang signifikan untuk pertumbuhan di masa depan," tambahnya.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini